Site icon ROVINDO

Generasi Z dan Diplomasi Digital: Mengubah Interaksi Global Lewat Media Sosial

GENERASI Z memainkan peran penting dalam berbagai aspek. Salah satunya adalah diplomasi digital. Diplomasi digital sendiri mengubah cara interaksi antarnegara dan masyarakat.

Dengan kemampuan mereka dalam menggunakan media sosial dan teknologi, generasi ini mampu menyebarkan informasi secara cepat dan luas, memobilisasi dukungan untuk isu-isu global, seperti isu lingkungan, politik dan sosial.

Gen Z seringkali menjadi suara yang mengedukasi dan menginformasikan publik mengenai kebijakan internasional dan krisis kemanusiaan.

Selain itu, generasi Z menunjukkan ketertarikan yang tinggi terhadap transparansi dan akuntabilitas dari pemerintah atau pemimpin dunia. Gen Z menggunakan platform digital untuk menantang narasi resmi dan memperjuangkan kebijakan yang lebih adil dan inklusif.

Dengan karakteristik ini, Generasi Z tidak hanya berkontribusi pada diplomasi, tetapi juga mendorong pemerintah untuk lebih responsif terhadap aspirasi masyarakat global. Kesadaran mereka terhadap isu-isu internasional menjadikan Gen Z agen perubahan yang signifikan di era digital saat ini. (jar)

source

Exit mobile version