Generasi Emas Indonesia: Melek Politik dan Menolak Praktik Money Politics
axel wiryanto
Friday, 11 October 2024 15:25 pm
dibaca 7 kali

DALAM waktu dekat kita akan melaksanakan pemilihan kepala daerah secara serentak di seluruh Indonesia. Termasuk di Sulawesi Selatan.

Banyak hal yang menjadi catatan yang sangat krusial dalam momen pemilu. Apalagi dalam konteks politik Indonesia, yang tidak bisa dipungkiri masih banyak sisi integritas (negatif) yang perlu dievaluasi. Sebagai contoh money politics, politik identitas, bahkan sampai merambat ke dalam framing media demi tercapainya tujuan para aktor politik terkait.

Karenanya, sebagai generasi calon pemimpin masa depan yang juga kerap disebut sebagai generasi emas Indonesia, dalam menjemput bonus demografi kita harus melek dengan kondisi politik saat ini. Kita andil dalam mediasi politik yang berintegritas, jujur dan bebas dari praktik politik uang yang dapat menciderai integritas itu sendiri.

Momen pemilu seharusnya menjadi pembelajaran, silaturahmi dan konsolidasi yang positif, sehingga menjadi cerminan masa depan Indonesia yang penuh dengan integritas demi terwujudnya pemimpin yang benar-benar menjadi pengayom masyarakat, bukan malah sebaliknya.
(mg5)

source