Firman, Roem, Irwan Lolos Tiga Besar
axel wiryanto
Saturday, 20 July 2024 13:46 pm
dibaca 97 kali

MAKASSAR, BKM — Panitia Seleksi (Pansel) Lelang Sekretaris Kota Makassar akhirnya mengumumkan nama-nama yang lolos tiga besar. Tiga nama berdasarkan hasil seleksi tertinggi adalah Firman Hamid Pagarra, Muhammad Roem, dan Andi Irwan Bangsawan.
Pansel yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar Akhmad Namsum menerangkan, tim seleksi (timsel) sudah menyerahkan hasil lelang yang telah bergulir selama beberapa pekan.

“Jadi Pemkot Makassar telah melakukan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi atau JPT untuk posisi sekretaris daerah.

Proses tes sudah selesai dan timsel sudah serahkan tiga nama dengan nilai tertinggi. Tentu akumulasi penilaian dari sejumlah tahapan,” ungkap Akhmad Namsum saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (19/7).

Dia mengatakan hasil ini sudah disampaikan ke Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. Selanjutnya, pihaknya akan melaporkan ke Kementerian Dalam Negeri melalui gubernur.
Dia menekankan, proses seleksi yang telah dilaksanakan berjalan sesuai dengan prosedur, secara obyektif, transparan dan murni berdasarkan kapasitas para peserta seleksi.

Pengumuman resmi bisa dilihat melalui webiste BKPSDM Kota Makassar.
Dikonfirmasi terpisah, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto membenarkan nama-nama yang lolos tiga besar calon sekkot sudah disampaikan. Namun dia mengaku sampai saat ini belum melihat secara langsung hasil penilaian lelang tersebut.

Orang nomor satu Makassar itu menyerahkan sepenuhnya kepada timsel maupun pansel untuk mengumumkan nama-nama tiga besar secara resmi. “Sudah.

Tapi saya belum lihat juga. Jadi saya belum tahu nama-nama yang lolos,” ujarnya, kemarin.
Selanjutnya, kata Wali Kota Makassar dua periode itu, selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK), dirinya punya kewenangan untuk memilih satu dari tiga calon yang lolos tiga besar tersebut. Rencananya, nama-nama yang masuk dalam jajaran calon sekkot tersebut akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri pada Senin pekan depan.

“Nanti akan saya pilih satu untuk diusulkan ke Kemendagri agar disetujui.

Senin sudah diusulkan,” tandas Danny.
Nama-nama yang lolos tiga besar lelang sekkot merupakan pejabat eselon II lingkup Pemkot Makassar.
Seperti diketahui, Firman Hamid Pagarra merupakan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang saat ini juga diberi amanah sebagai Pj Sekkot Makassar. Sementara Muhammad Roem adalah Kepala Dinas Pariwisata. Sedang Andi Irwan Bangsawan menjabat sebagai Asisten III Bidang Administrasi umum.
Ketiga pejabat itu berhasil lolos hingga ke tahap tiga besar setelah bersaing dalam seleksi lima besar. Adapun pejabat yang kandas di tahapan lima besar adalah Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Muhyiddin dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar Andi Bukti Djufrie. (rhm)

source