Site icon ROVINDO

Festival Rannu-rannu Ri Biring Kassi Sukses Menarik Perhatian Masyarakat

TAKALAR, BKM — Rannu-rannu ri Biring Kassi sukses digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan dengan Pemerintah Kabupaten Takalar pada 9 sampai 10 Desember 2023. Ribuan masyarakat hadir dalam event budaya dan pariwisata ini.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, Muhammad Arafah, mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu upaya pemerintah provinsi melalui Disbudpar dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah pesisir Takalar.

”Berawal dari Takalar, event kreatif serupa Rannu-rannu akan kita kembangkan di wilayah lain di Sulsel,” ungkap Muhammad Arafah, Senin (25/12).
Arafah mengatakan, pihaknya akan berupaya mendorong wilayah lain di Sulsel agar bisa bergerak kreatif dan inovatif untuk mengembangkan wilayah mereka dengan memanfaakan potensi alam yang dimiliki.
”Rannu-rannu ri Biringkassi adalah inovasi baru untuk mengembangkan pariwisata dan perekonomian di daerah,” ungkapnya.
Sementara itu, inisiator Rannu-rannu Ri Biring Kassi, Hengky Yasin, mengatakan, pengunjung yang hadir dalam festival Rannu-rannu ini, bukan hanya dari warga lokal, Takalar.

”Banyak juga yang hadit dari Gowa dan Makassar. Mereka menyambut event ini sangat antusias,” ungkapnya.
Olehnya, Hengky berharap Rannu-rannu Ri Biringkassi bisa menjadi agenda pariwisata tahunan Sulawesi Selatan yang berpusat di Kabupaten Takalar.
”Saya dan tim sedang mengupayakan event ini menjadi agenda tahun. Karena telah mendapat support dari pemerintah provinsi dan kabupaten,” kata Hengky.
Diketahui, event ini mengangkat kisah masyarakat pesisir Kabupaten Takalar, serta tokoh-tokoh yang berjuang untuk Takalar. Seperti Karang Galesong.
Tak hanya itu, untuk menunjang perekonomian masyarakat sekitar, kegiatan ini menggelar pameran UMKM dan benda pusaka. Juga beberapa lomba kreativitas untuk warga sekitar.
Salah seorang masyarakat Takalar, Sahl Tanrenre, mengucapkan terimakasih atas perjuangan Hengky Yasin untuk membawa Takalar makin baik dan dikenal masyarakat.
”Event ini adalah satu dari banyak perjuangan Hj Hengky untuk memajukan Kabupaten Takalar,” pungkasnya. (rif)

source

Exit mobile version