Februari, KPU Gowa Mulai Coklit Data Pemilih
axel wiryanto
Friday, 27 January 2023 01:25 am
dibaca 164 kali

GOWA, BKM–Jelang pemilu di Kabupaten Gowa, jumlah pemilih hingga saat ini tercatat 566.655 (terdiri dari 273.621 pemilih laki-laki dan 293.034 pemilih perempuan).
Angka pemilih ini belum jadi data riil karena itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa akan segera melakukan coklit atau pencocokan dan penelitian kepada data pemilih tersebut.
Menurut Ketua KPU Gowa Muhtar Muis yang dikonfirmasi Rabu (25/1) kemarin, proses coklit ini akan dilakukan KPU Gowa mulai Februari 2023 ini.

“Data pemilih yang akan kita coklit mulai Februari ini sebanyak 566.665 pemilih yang tersebar di 2.295 TPS (tempat pemungutan suara) di 18 kecamatan atau di 167 desa dan kelurahan. Data pemilih yang akan dicoklit ini merupakan data hasil sinkronisasi dengan data Pemilu terakhir.

Dan setelah proses coklit ini, tentunya kemungkinan terjadi penambahan jumlah data pemilih atau malah berkurang dari hasil sinkronisasi yang ada,” kata Muhtar.

Terkait pelaksanaan coklit ini, KPU akan melakukannya dengan melibatkan tenaga coklit yakni petugas pemutakhiran data pemilih atau disebut Pantarlih.
“Untuk Pantarlih ini kita sementara merekrut per kecamatan,” kata Muhtar.
Dikatakan Muhtar, sebanyak 2.295 orang Pantarlih dibutuhkan untuk coklit. Dan kini pendaftarannya telah berjalan di tingkat PPK di kecamatan.

Sedang pengumuman haisl rekrut dilakukan 26 Januari 2023 (Kamis hari ini, red).

“Jadi tugas Pantarlih ini dilakukan berdasarkan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022 yakni melakukan koordinasi dalam membantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menyusun daftar pemilih hasil pemutakhiran, menyusun serta menyampaikan laporan pelaksanaan pencocokan dan penelitian kepada PPS. Kemudian membantu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS dalam melakukan penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih, melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih, memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih, menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, PPK dan PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dan saat ini proses perekrutan Pantarlih sudah berjalan dan hasilnya diumumkan besok (hari ini,red), ” jelas Muhtar.

The post Februari, KPU Gowa Mulai Coklit Data Pemilih appeared first on Berita Kota Makassar.

source