Fakultas Peternakan Unhas Gelar Konferensi Internasional, Hadirkan Pembicara Luar Negeri
axel wiryanto
Wednesday, 03 May 2023 17:52 pm
dibaca 202 kali

MAKASSAR, BKM — Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar konferensi internasional The 5th International Conference of Animal Science and Technology (ICAST5) di Unhas Hotel & Convention, Rabu (3/5/2023).

Pada ICAST5 ini, Fakultas Peternakan menghadirkan sejumlah narasumber yang berasal dari perguruan tinggi luar negeri. Mereka di antaranya Prof.

Peiqiang Yu (University of Saskatchewan, Canada), Atsushi Asano, Ph.D (Tsukuba University, Japan), Prof. Goran Andersson (Swedish University Agricultural Sciences, Sweden), Prof. Min Du (Washington State University, USA) dan Dr. Reza Abdul Jabbar (Dairy Fram Practitioner, New Zealand).

Selain pembicara luar negeri, panitia juga menghadirkan pembicara dari Indonesia yakni Prof. Dr.

Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr. (Rektor Universitas Soedirman), Abd. Latief Toleng, M.Sc (Unhas) dan Dr. Wendry Setiyadi Putranto, S.Pt., M.Si (Padjajaran University)

Ketua panitia ICAST5, Dr. Ir.

Agustina Abdullah, SPt, MSi, IPM, ASEAN Eng dalam laporannya mengatakan, jumlah peneliti yang terlibat dalam konferensi kali ini online maupun offline berjumlah 177 orang yang berasal dari BRIN dan beberapa universitas.

Suasana ICAST5 yang dilaksanakan di Unhas Hotel and Convention.

Konferensi yang ke 5 ini mengangkat tema “Moving Towards Environmental Sustainability Through Smart Livestock System”.

“Tema ini dimaksudkan bahwa sektor pangan nasional menjadi sangat krusial untuk dikelola dengan pendekatan “smart livestock system” dimana peternakan yang merujuk pada penggunaan teknologi dan inovasi mulai dari hulu sampai hilir agar dapat mengoptimalisasikan hasil baik kuantitas maupun kualitas dan efisiensi penggunaan sumberdaya baik manusia maupun alam,” jelasnya.

Selain itu, kata Agustina, kegiatan ini juga untuk mendorong para akademisi dan praktisi untuk mempublikasikan dan mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan Environmental Sustainability Throught Smart Livestock System.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Sulawesi Selatan Drh Nurlina Saking, MSi, menyatakan bahwa peternak perlu bertransformasi dengan memanfaatkan seluruh technology agar dapat menggenjot produksi, produktivitas dan kualitas hasil peternakan.

Sementara itu, Rektor Universitas Hasanuddin yang diwakili Wakil Rektor IV, Prof .Dr.Eng.Ir.

Adi Maulana, ST,M.Phil menjelaskan bahwa tema Moving Towards Environmental Sustainability Through Smart Livestock System terus didengungkan dalam meningkatkan effisiensi sumberdaya alam,, kelestaran lingkungan, meningkatkan effisiensi suberdaya manusia dengan memanfaatkan teknologi serta untuk menarik minat generasi muda terjun pada bidang peternakan.

Kemajuan peternakan, kata dia, perlu didukung generasi milenial karena memiliki semangat berinovasi yang tinggi untuk melakukan cara-cara yang baru terhadap penanganan peternakan yang maju, mandiri dan modern.

Pada acara yang sama Dekan Fakultas Peternakan Unhas,  Dr.

Syahdar Baba, SPt, MSi menuturkan bahwa pelaksanaan ICAST5 ini selain sebagai momentum Dies Natalis Fakultas Peternakan Unhas yang ke 58, juga diharapkan Fakultas Peternakan dapat memberikan kontribusi yang lebih konkrit dan bernilai bagi pembangunan peternakan baik nasional maupun internasional.

“Pembangunan peternakan bagi kami tidak hanya dalam bentuk peningkatan sumber daya manusia tetapi juga dari aspek peningkatan dan penerapan teknologi peternakan yang secara langsung dapat bermanfaat bagi peternak,” ujar Syahdar Baba. (rls)

The post Fakultas Peternakan Unhas Gelar Konferensi Internasional, Hadirkan Pembicara Luar Negeri appeared first on Berita Kota Makassar.

source