Enam Peserta PKP Terima Penghargaan
axel wiryanto
Monday, 26 August 2024 12:14 pm
dibaca 49 kali

SOPPENG, BKM — Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak menyerahkan penghargaan kepada enam peserta terbaik pada acara penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Pemkab Soppeng kerjasama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan di Aula Maryam Palace Hotel Soppeng, Kamis (22/8).

Peserta terbaik adalah Muhammad Zulfikar (Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran), Dewi Ramdhana Said, (Kasi Pelayanan Non Medis UPT RSUD La Temmamala), Judiana (Kasubbag Umum dan Kepegawaian UPT RSUD La Temmamala), Alimuddin Sima, (Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan/Evaluasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Arfita Arif (Kasubbag Kepegawaian Umum Dinas Lingkungan Hidup), Suharti (Kasubag Pelaporan dan Keuangan Perencanaan Kecamatan Liliriaja.

Sekretaris BKPSDM Kabupaten Soppeng Asdar menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan yakni Perjanjian Kerja Sama (PKM) antara Pemkab Soppeng dengan BPSDM Provinsi Sulsel dengan Nomor 100.3.7.1/06.0.0/PKS-MOU-1/IV/2024 dan 100.3.7.1/041/IV/Pemotda-PKS/2024 tanggal 29 April 2024 tentang penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan pengawas Pemkab Soppeng Tahun 2024. Dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang terdiri dari Pejabat Pengawas lingkup Pemkab Soppeng. Sedangkan Tenaga Pelatihan masing-masing berasal dari Tenaga Widyaiswara/ Pengajar dari BPSDM Provinsi Sulsel serta pengelola dan penyelenggara pelatihan dari Pemkab Soppeng
Pelatihan Kepemimpinan Pengawas berlangsung selama 94 hari kerja atau 32 hari kerja pembelajaran klasikal dan 62 hari kerja non klasikal mulai tanggal 6 Mei s/d 24 Agustus 2024 dengan sistem On/Off Kampus.

Pembelajaran klasikal PKP diselenggarakan di Maryam Palace Hotel Kabupaten Soppeng. Studi Lapangan diselenggarakan di Pemkot Surabaya yakni di BKPSDM Kota Surabaya, BPKAD Kota Surabaya, dan Kecamatan Bubutan Kota Surabaya.
Sementara itu Kepala BKPSDM Prov Sulsel diwakili Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial, H. Indrajaya Saputra mengucapkan terima kasih kepada Bupati Soppeng yang telah memberikan kepercayaan kepada BKPSDM Sulsel melakukan fasilitas pelaksanaan pengembangan kepemimpinan pengawas meningkatkan kualitas dan profesionalitas para ASN. Semoga ke depannya kami dapat terus bersinergi dalam meningkatkan pengembangan SDM khususnya di Kabupaten Soppeng sekaligus di Sulsel.

”Peserta telah melalui berbagai proses pelatihan yang tentunya memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi dan pengetahuan para peserta, dibandingkan dengan pejabat yang belum mengikuti pelatihan. Karena terdapat peningkatan kompetensi yang sangat berpengaruh dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai pemimpin dalam birokrasi,” ujar Indrajaya.
Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh peserta dapat menerapkan ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama pelatihan untuk meningkatkan kinerja, menunjukkan hasil positif dari pelatihan ini di tempat kerja masing-masing dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Kabupaten Soppeng.

Sementara Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak mengatakan atas nama Pemkab mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BKPSDM Sulsel yang telah memberikan kontribusi besar kepada ASN Soppeng.

Dia mengingatkan kepada peserta untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Kalian merupakan orang-orang yang dipercaya menjalankan tugas dan tanggung jawab yang besar karena regenerasi dalam ASN tentu dibutuhkan, dan saya berkewajiban untuk mempersiapkan ASN dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab ke depan.
“Saya berharap alumni PKP ini bisa menjadi pelopor bagaimana etika kepemimpinan dan profesionalisme dalam bekerja apalagi di era digital yang menuntut ASN untuk lebih profesional dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial,” harapnya. (ono/C)

source