Elnusa Petrofin Gulirkan Program CSR Budidaya Maggot BSF
axel wiryanto
Friday, 23 September 2022 09:09 am
dibaca 267 kali

MAKASSAR, BKM — Dalam rangka mendukung upaya penanganan dan pengelolaan sampah organik di wilayah Siantan Hulu Pontianak, PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT ElnusaTbk (ELSA), menggulirkan program Corporate Social Responsibility (CSR) budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF).

Kegiatan CSR ini merupakan implementasi dari pilar Petrofin Pintar yang memiliki fokus pada pendidikan melalui pelatihan dan pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat. Kegiatan ini digelar pada Senin (19/9), di Siantan Hulu yang merupakan wilayah ring 1 kantor operasional Elnusa Petrofin unit Integrated Terminal Pontianak.
Pelaksanaan program CSR Budidaya Maggot BSF atau lalat hitam merupakan salah satu upaya dalam menjawab kebutuhan warga. Dimana, setiap bulannya warga Siantan Hulu menghasilkan sampah organik dan belum adanya penanganan khusus mengenai hal tersebut.
Budidaya Maggot merupakan upaya alternatif untuk menjawab isu penanganan sampah secara cepat dan sebagai pendorong peningkatan ekonomi warga melalui hasil pengelolaan Maggot yang dapat dijual. Maggot adalah salah satu serangga yang dalam perkembangannya membutuhkan sampah untuk berkembang. Serangga ini mampu mengurai sampah organik sebanyak 800 kg per bulan di Siahan Hulu.

Head of Corporate Communication & BoD Support PT Elnusa Petrofin, Putiarsa Bagus Wibowo yang bertanggung jawab atas kegiatan CSR dan Sustainability Elnusa Petrofin, menyampaikan, pemilihan program CSR Budidaya Maggot BSF ini merupakan upaya Elnusa Petrofin dalam mendukung kebersihan di wilayah sekitar operasional dan juga dapat menjadi salah satu upaya peningkatan ekonomi masyarakat Siantan Hulu.
Selain itu, CSR Budidaya Maggot ini sebagai bentuk dukungan Elnusa Petrofin kepada PT Pertamina Patra Niaga yang sebelumnya telah memulai kegiatan CSR terintegrasi melalui program Katana Pangeran (Kampung Tanggap Bencana, Penggerak Kesadaran Lingkungan) 27 di wilayah tersebut,” ungkap Putiarsa.
Program CSR Budidaya Maggot ini diperuntukkan 40 kelompok warga yang telah terbentuk. Dengan memberikan bantuan berupa bibit, rumah produksi, hingga pendampingan sampai warga Siantan Hulu mampu menjalankan Budidaya tersebut secara mandiri.
Wis Hardianto selaku Ketua RW 27 Siahan Hulu yang juga sebagai ketua Kampung Tangguh 27, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Elnusa Petrofin atas bantuan yang telah diberikan.

The post Elnusa Petrofin Gulirkan Program CSR Budidaya Maggot BSF appeared first on Berita Kota Makassar.

source