Dua Gugur, Enam Konsorsium Bersaing di Lelang PSEL
axel wiryanto
Monday, 20 February 2023 22:10 pm
dibaca 172 kali

MAKASSAR, BKM — Lelang Pengelolaan Sampah Energi Listrik (PSEL) sementara berproses. Saat ini tengah memasuki tahap kualifikasi. Dalam tahapan ini, ada tiga indikator yang menjadi penilaian.

Di antaranya administrasi, teknis, dan finansial.

Ketua Panitia Lelang PSEL Bau Asseng mengatakan, tahap kualifikasi ini menggunakan sistem gugur. Jadi perusahaan yang tidak memenuhi persyaratan administrasi, teknis, maupun finansial, akan langsung gugur.

Untuk tahap kualifikasi ini, seleksi akan dilaksanakan langsung oleh Pemkot Makassar.
“Jadi, kalau ada perusahaan yang ikut tender, tidak memenuhi syarat administrasi misalnya, maka akan langsung digugurkan. Yang bersangkutan tidak bisa lagi ikut seleksi teknis dan finansial,” ungkap Bau Asseng.

Menurutnya, dari delapan konsorsium yang mengikuti tahapan lelang, saat ini tersisa enam.

Dua lainnya tidak memenuhi syarat. Mereka diketahui gugur dalam tahap prakualifikasi. Keduanya disebut tak memenuhi syarat aset.
Dalam tahap kualifikasi ini bakal ada tiga peserta yang akan gugur. Nantinya ketiga yang tersisa akan masuki tahap optimalisasi untuk ditinjau lebih lanjut.
Lebih jauh dia mengemukakan, rencananya pihak yang memenangkan tender bakal mengelola sampah di TPA Antang Tamangapa sebagai sumber energi. Karena itu, seluruh konsorsium yang lolos hingga tahapan kualifikasi, diminta melakukan peninjauan ke TPA Tamangapa.
“Perusahaan-perusahaan tersebut sudah melakukan peninjauan ke Tamangapa dan seluruh peserta telah menyanggupi pengelolaan ini. Itu kan memang sampah yang mau dihabiskan di sana. Jadi kita bawa ke sana untuk lihat, enam konsorsium itu,” tandasnya.

The post Dua Gugur, Enam Konsorsium Bersaing di Lelang PSEL appeared first on Berita Kota Makassar.

source