Dr Nurmadhani Fitri Suyuthi, Komisioner KPID Sulsel
axel wiryanto
Sunday, 29 October 2023 23:12 pm
dibaca 107 kali

MAKASSAR,BKM.COM–TAHAPAN pesta demokrasi lima tahunan, yakni Pemilihan Umum (Pemilu) kini tengah bergulir. Ada banyak permasalahan yang muncul dan harus bisa diatasi. Di antaranya adalah ujaran kebencian (hate speech) dan informasi hoaks.

KOMISI Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan punya peran untuk menangani permasalahan itu. Karena diakui, berita-berita yang terkait politik begitu beragam. Bahkan saat ini sudah mulai memanas dan muncul beragam pendapat serta argumen.

Fenomena tersebut, diakui Fifi –sapaan akrab Nurmadhani Fitri– menjadi challenge tersendiri bagi KPID. Pihaknya pun berusaha untuk netral dan tidak berpihak kepada salah satu partai atau pasangan. KPID pun sudah mulai menyiapkan serta menggagas untuk menerbitkan surat edaran kepada lembaga penyiaran untuk tetap netral dalam Pemilu di 2024 ini.

Menurut Fifi, sebenarnya edaran seperti itu sudah pernah diterbitkan sebelumnya. Namun, di tahun 2024 fenomena sosial yang terjadi juga berbeda. Untuk itu, surat edaran yang dibuat mesti relevan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Bicara tentang pelanggaran oleh lembaga penyiaran, Fifi mengatakan bahwa ada berbagai macam model. Tapi khusus di Sulsel, lembaga penyiaran sudah mulai tertib.

The post Dr Nurmadhani Fitri Suyuthi, Komisioner KPID Sulsel appeared first on Berita Kota Makassar.

source