DPRD Takalar Kirim Nama Kemendagri Pengganti Syamsari
axel wiryanto
Tuesday, 20 September 2022 20:28 pm
dibaca 205 kali

MAKASSAR, BKM–Masa jabatan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Takalar Syamsari Kitta – Ahmad Se’re akan berakhir Desember 2022 mendatang.
Meskipun masa jabatan keduanya baru akan berakhir tiga bulan lagi, namun DPRD Takalar rupanya telah menyiapkan sejumlah nama bakal calon pengganti Syamsari.
Beredar surat DPRD Takalar yang ditujukan ke Menteri Dalam Negeri tentang usulan nama calon penjabat bupati Takalar.
Dalam surat yang ditandatangani Ketua DPRD Darwis Sijaya, Wakil Ketua I Mukhtar Maluddin, dan Wakil Ketua II Erni, mengusulkan Muhammad Hasbi yang saat ini menjabat Sekda Takalar, untuk menjadi penjabat bupati Takalar.

Dalam surat dengan nomor 005/307/DPRD/VIII/2022, disebutkan sejumlah alasan mengajukan Muhammad Hasbi sebagai penjabat bupati Takalar. Diantaranya, DPRD Takalar memandang bahwa Muhammad Hasbi sangat memahami kondisi serta dinamika sosial, budaya dan politik di Kabupaten Takalar.
Selain itu, DPRD Takalar memandang jika selama menjabat Sekda, berbagai kebijakan pemerintahan dan pembangunan inovatif dilakukan. Termasuk dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, khususnya dalam konteks transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas pemerintahan.
“Kami meyakini bahwa usulan DPRD ini sejalan dengan kehendak umum warga Takalar yang ingin melihat dan merasakan pemerintahan yang baik demi kemajuan dan kesejahteraan di Kabupaten Takalar.” demikian disampaikan dalam surat tersebut.

Pengamat politik dan pemerintahan, Nurmal Idrus, mengatakan, secara prosedural, yang berhak mengajukan calon penjabat kepala daerah bupati atau wali kota kepada Mendagri adalah Gubernur. Dimana, gubernur akan mengajukan tiga nama untuk dipilih oleh Mendagri.
Namun, Nurmal tidak menyalahkan apa yang dilakukan oleh DPRD sebagai Wakil Rakyat, jika itu sekedar memberikan pertimbangan kepada Mendagri. Asalkan, nama yang diusulkan tersebut sudah diparipurnakan.
“Karena ini mengatasnamakan DPRD, tentu harus diparipurnakan dulu sebelum mengirimkan satu nama. Dan sifatnya hanya pertimbangan kepada Mendagri,” ujarnya, Senin (19/9). (jun/rif)

The post DPRD Takalar Kirim Nama Kemendagri Pengganti Syamsari appeared first on Berita Kota Makassar.

source