Dosen PLS dan Administrasi Pendidikan UNM Pengabdian Masyarakat di Polman
axel wiryanto
Rabu, 06 Desember 2023 21:28 pm
dibaca 66 kali

POLMAN, BKM — Kelompok Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang terdiri dari dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar melaksanakan program pengabdian masyarakat di Dinas Pendidikan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat, Senin (24/10) lalu.

Adapun dosen tersebut masing-masing Dr. Kartini Marzuki, M.Si dan Dr. Ansar, M.Pd. Keduanya menyampaikan tentang Penyusunan KOSP Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan Nonformal.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 orang peserta yang sebagian besar pesertanya dari lembaga Satuan Pendidikan Nonformal yang terdiri dari tutor, pamong belajar, pengelola dan pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Polewali Mandar.

Menurut Dr. Kartini Marzuki, kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen setiap tahun dan dilakukan secara berkelompok.

Sementara itu dosen lainnya Dr. Ansar, M.Pd menyampaikan tentang kurikulum merdeka belajar sebagai bagian dari penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan.

Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat yang menjadi pusat aktivitas dari para pendidik dan tenaga kependidikan.

Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman mengenai kurikulum operasional satuan pendidikan khususnya dalam penerapannya pada satuan pendidikan nonformal. (rls)

source