Dosen Akfar Yamasi Kerja Sama Klinik Syafiyah Gelar PKM
axel wiryanto
Friday, 15 July 2022 23:09 pm
dibaca 249 kali

MAKASSAR, BKM — Dosen Akademi Farmasi (Akfar) Yamasi Apt Zakiah Thahir,S.Farm.,M.Kes menggelar kegiatan Pengabdikan Kepada Masyarakat (PKM). Ia merupakan ketua pengabdian sekaligus Apoteker Penanggung Jawab di Klinik Syafiyah Medika, Makassar. PKM ini mengusung tema Peningkatan Pengetahuan tentang Penggunaan Obat yang Rasional Melalui Penyuluhan Dagusibu, Konseling, dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis.

Sasarannya adalah masyarakat yang bermukim di Kelurahan Manggala, Antang. Kegiatan ini berlangsung, Sabtu, 2 Juli 2022 di Klinik Syafiyah Medika.

”Kami melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, sekalian peresmian dan mempromosikan kepada warga tentang keberadaan klinik beserta fasilitasnya, kerja sama antara Akademi Farmasi Yamasi dengan klinik,” ujar Zakiah Thahir.

”Masyarakat yang hadir diberikan pretest. Kemudian edukasi tentang Dagasibu (DApatkan obat yang benar, GUnakan obat yang benar, SImpan obat dengan benar, BUang obat dengan benar). Setelah itu pemberian protest untuk mengetahui peningkatan pengetahuan setelah pemberian edukasi, apakah terjadi peningkatan sebelum dan sesudah,” tambahnya.

Selanjutnya dokter melakukan pemeriksaan gratis kepada masyarakat. Berdasarkan diagnosa atau gejala, dilakukan pengecekan tekanan darah, gula darah, asam urat, dan kolesterol. Hasil dari pengecekan tersebut, dokter bisa menuliskan resep obat yang akan diberikan. Resep yang diterima pasien dibawa ke apotek untuk disiapkan obatnya dan diberikan konseling tentang cara penggunaan obat yang benar.

”Sebenarnya, kegiatan ini sering dilakukan, Setiap semester kami mengadakan pengabdian karena harus rutin dilaksanakan sebagai kewajiban Tri Darma perguruan tinggi. Kami siap memberikan ilmu yang didapatkan di dunia farmasi untuk dibagikan kepada masyarakat,” terangnya.

The post Dosen Akfar Yamasi Kerja Sama Klinik Syafiyah Gelar PKM appeared first on Berita Kota Makassar.

source