DLH Uji Emisi Ratusan Kendaraan Bermotor di Tiga Lokasi
axel wiryanto
Saturday, 08 July 2023 04:18 am
dibaca 145 kali

MAKASSAR, BKM — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar melakukan uji emisi ratusan kendaraan bermotor selama tiga hari, Selasa-hingga Kamis hari ini, 4-6 Juli 2023.
Aksi ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Uji emisi kendaraan bermotor hari pertama dilakukan di Jalan Perintis Kemerdekaan, tepatnya di halaman Qima Square, Selasa (4/6). Disaksikan langsung
Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar Ferdy Mochtar bersama perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup yakni Herru Kristanto, Heru Sugiarto, Indah Suci Ramadani serta perwakilan dari Polda Sulsel yakni Iptu Tandiapun Pasiangan dan Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Abdul Asfat Azis.
Plt Kepala DLH Makassar, Ferdy Mochtar menerangkan uji emisi kendaraan ini juga akan dilaksanakan di depan Hotel Mercure Jalan AP Pettarani para Rabu (5/6).

Dan di hari terakhir akan dilaksanakan di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Monumen Mandala.
Selain uji emisi kendaraan, juga dilaksanakan survey kinerja lalu lintas serta pengukuran udara tepi jalan. Hari pertama dilaksanakan di Jalan Perintis Kemerdekaan depan MTos, hari kedua di Jalan Jenderal Sudirman di depan RSIA Pertiwi, dan hari terakhir di Jalan AP Pettarani tepatnya di bawah flyover depan Taman Pakui Sayang.

Herru Kristanto dari Kementerian Lingkungan Hidup menerangkan kendaraan yang tidak lulus uji emisi kendaraan akan terbaca dari mesinnya.
“Jadi pemerintah memang sudah sudah menetapkan PP bahwa setiap pemilik kendaraan wajib ikit emisi kendaraan bermotor.

Hasilnya nanti akan tercantum pada saat melakukan pembayaran pajak. Kalau mereka lulus, mereka dikenakan tarif normal, kalau tidak lulus akan dikenakan tarif disinsentif,” ungkap Herru. (rhm)

The post DLH Uji Emisi Ratusan Kendaraan Bermotor di Tiga Lokasi appeared first on Berita Kota Makassar.

source