DKPP Gelar Rakor Pemilu Bersama KPU dan Bawaslu
axel wiryanto
Thursday, 23 November 2023 18:43 pm
dibaca 79 kali

MAKASSAR, BKM–Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama penyelenggara Pemilu, baik Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan pihak lainnya di Hotel Claro, Makassar, Rabu (22/11).

Ketua DKPP Heddy Lugito mengatakan Rakor penyelenggara Pemilu yang diikuti anggota Bawaslu dan KPU di wilayah IV beberapa provinsi. “Ini merupakan tindak lanjut dari Rakornas yang kemarin dibuka Presiden di Jakarta. Karena Rakornas itu pesertanya hanya Ketua-ketua KPU dan Bawaslu,”ujar Heddy Lugito.
Menurutnya, tujuan Rakor untuk menyamakan visi-misi, cara pandang, dalam hal menafsirkan peraturan perundang undangan tentang kepemiluan yang nanti pada gilirannya, seluruh penyelenggara pemilu tidak beda tafsir, Bawaslu maupun KPU,”jelas Heddy.

Tujuan terpenting lanjut Heddy, adalah memberikan pemahaman kepada seluruh penyelenggara agar menjaga pelaksanaan pesta demokrasi ini berjalan secara jujur dan adil. “Kedua adalah untuk menjaga, mengingatkan kepada seluruh penyelenggara pemilu agar tegak lurus pada demokrasi, yang pertama taat kepada penyelenggara pemilu dan taat peraturan. Sehingga nanti tidak ada lagi pelanggaran kode etik ketika tahapan pemilu berlangsung. Jadi Pemilu itu bukan hanya di hari pencoblosan, pemilu adalah proses yang panjang, mulai dari pendaftaran pemilu, pendaftaran peserta pemilu. Kemudian masuk kampanye, pemilihan, rekapitulasi, jadi semua proses ini harus berlangsung secara kredibel. Harus berlangsung sesuai perundang undangan,” ungkapnya.

Hal terpenting lainnya yang ditekankan Heddy adalah soal integritas penyelenggara Pemilu.

“Oleh karena itu penyelenggara pemilu harus memastikan dirinya menjaga integritas di level tertinggi, tidak bisa diintervensi siapapun, itu kita pastikan,”kunci Heddy. (jun/rif)

source