Divif 3 Kostrad Tanam 3.000 Pohon Buah
axel wiryanto
Thursday, 13 October 2022 16:18 pm
dibaca 287 kali

GOWA, BKM — Divisi Infanteri 3 Kostrad melakukan penanaman serentak di empat wilayah naungan yakni Gowa, Makassar, Maros, Timika, dan Merauke. Untuk Gowa penanamannya terpusat di Pakkatto, Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu yang merupakan kawasan markas komando Divif 3 Kostrad, Rabu pagi (12/10).
Area penanaman di Pakkatto seluas 4 sampai 6 hektare dengan jumlah bibit pohon buah sebanyak 3.000 bibit bibit yang ditanam antara lain pohon mangga.

Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Dwi Darmadi usai memimpin penanaman pohon di lahan produktif Divif 3 yang melibatkan puluhan pelajar dari gugus depan SMPN 3 Bontomarannu serta mahasiswa KKN Unhas mengatakan penanaman pohon ini serentak dilakukan Kostrad di seluruh wilayah Indonesia. Untuk Divif 3 Kostrad meliputi Makassar, Gowa, Maros, Timika, dan Merauke.
”Sesuai arahan Pangkostrad, kita semua di seluruh divif melakukan penanaman sevara serentak hari ini. Dengan menanam pohon ini tentunya akan menurunkan suhu suatu tempat, menciptakan keteduhan dan rasa nyaman. Pohon yang kami tanam juga adalah pohon buah sehingga nantinya bisa dikonsumsi prajurit di Kostrad ini,” kata Mayjen TNI Dwi Darmadi didampingi istrinya Rina Dwi Darmadi yang juga Ketua Persit Divif 3 Kostrad.

Dijelaskan Mayjen Dwi Darmadi, penanaman pohon ini didasari dari tiga masalah besar. Di antaranya adalah karena menguatkan ketahanan pangan dan persiapan menghadapi global warning.
”Terkait ketahanan pangan maka kita lakukan penanaman pohon ini agar manfaatnya kedepan dapat dirasakan generasi kita. Berikutnya adalah menghadapi global warning dimana gunung es sudah mencair dan kutub sudah bergeser sehingga kita perlu menanam pohon untuk antisipasi segala kondisi. Khusus di Pakkatto ini kita pilih bibit mangga dan pohon buah lainnya yang jika sudah berbuah nanti akan dikonsumsi oleh prajurit disini. Kalau di Timika dan Merauke dominan pilih pohon pinang sebab mereka konsumtif dengan buah ini. Jadi pohon yang kita tanam sesuai kondisi lokal. Semoga bibit yang kita tanam. Hari ini terawat baik dan bisa dinikmati hasilnya kemudian,” papar Pangdivif 3 usai vicon dengan Pangkostrad, Letjen TNI Maruli Simanjuntak.
Bibit yang ditanam ini, tambah Pangdivif 3, adalah partisipasi dari Pemkab Gowa melalui Dinas Pertanian Hortikultura serta partisipasi Forkopimda maupun stakeholder lainnya.
Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, diwakili Kadis Lingkungan Hidup Gowa, Azhari Azis, mengatakan, Gowa adalah sumber air bagi Kota Makassar dan daerah tetangga lainnya. Beberapa bendungan telah dibangun di Gowa dan manfaatnya dinikmati berbagai daerah tetangga.
”Dengan penanaman pohon yang dilakukan ini di Kostrad ini menjadi satu bentuk kepedulian bersama untuk menjaga ketersediaan serapan air bawah tanah dengan merimbunkan lahan-lahan produktif,” kata Azhari.

The post Divif 3 Kostrad Tanam 3.000 Pohon Buah appeared first on Berita Kota Makassar.

source