Distaru Razia IMB di Longwis, Legislator: Banyak Ruko tak Disasar
axel wiryanto
Saturday, 27 August 2022 00:04 am
dibaca 214 kali

MAKASSAR, BKM — Dinas Penataan Ruang (Distaru) Makassar melakukan razia atau sweeping Izin Mendirikan Bangunan (IMB) hingga ke lorong-lorong, khususnya yang masuk kategori Lorong Wisata (Longwis).
Kepala Dinas Penataan Ruang Makassar, Fahyuddin menerangkan langkah itu diambil karena banyak ditemukan bangunan yang tidak mengantongi IMB. Padahal IMB sangat penting untuk mendukung legalitas bangunan. Juga untuk menjaga tata letak bangunan agar tetap teratur, menciptakan keserasian dan keseimbangan dengan lingkungan.

“IMB sangat penting supaya warga tidak sembarangan dalam membangun. Ada aturan yang harus dipenuhi sebelum mendirikan sebuah bangunan. Makanya harus mengajukan IMB,” ungkap Fahyuddin yang ditemui, Kamis (25/8) di Warkop Arnum, Jalan Onta Lama.
Mantan Camat Tamalate itu melanjutkan, retribusi IMB juga bagian dari upaya Pemkot Makassar dalam memacu Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tahun ini, Distaru harus mengejar target retribusi IMB sebesar Rp100 miliar. Namun sayang, hingga semester satu, pencapaian yang diperoleh belum maksimal. Masih berada di kisaran 10 persen lebih.

Persoalan itu dimaklumi, karena saat pandemi covid-19 pengajuan IMB menurun drastis. Namun, setelah kasus covid-19 kian menurun, pembangunan kembali menjamur. Baik rumah tinggal maupun lapak-lapak usaha. Baik itu di jalan nasional, provinsi, dan kota serta lorong-lorong.
Untuk mengejar target retribusi IMB yang diharapkan, upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan razia IMB ke perumahan hingga ke lorong-lorong. Fahyuddin menerangkan, agar program pendataan IMB lebih efektif, Distaru masuk lewat program Lorong Wisata.
Pihaknya sudah melakukan pendataan bangunan yang mengantongi IMB atau tidak di lorong-lorong wisata sejak tiga minggu lalu. Sudah ada 46 lorong yang telah didata dengan jumlah 1.041 unit bangunan. Dan hasilnya cukup mencengangkan. Dari ribuan bangunan yang terdata itu, ternyata hanya 30 yang mengantongi IMB. Sisanya sebanyak 1.011 belum memiliki IMB.

The post Distaru Razia IMB di Longwis, Legislator: Banyak Ruko tak Disasar appeared first on Berita Kota Makassar.

source