Disnakbun Gowa Gencarkan Vaksinasi Sapi
axel wiryanto
Thursday, 15 December 2022 02:04 am
dibaca 218 kali

GOWA, BKM — Merebaknya penyakit Jembrana yang menyerang ternak sapi saat ini, membuat jajaran Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Gowa ekstra waspada. Meski penyakit baru sapi yang berkembang di Kabupaten Jembrana Provinsi Bali ini belum memperlihatkan gejala di Gowa, namun Disnakbun intens melakukan berbagai pencegahan penyakit untuk ternak sapi.

Setahun lalu, penyakit sapi jenis PMK (penyakit mulut dan kuku) menyerang kini berlanjut dengan penyakit Jembrana dengan gejala khas berkeringat darah tersebut. Karena itu, sama ketika PMK menyerang, Disnakbun Gowa gencar melakukan pembersihan kandang ternak serta pemberian vitamin dan vaksinasi.
Kadis Peternakan dan Perkebunan Gowa, Suhriati, saat dikonfirmasi Berita Kota Makassar, Senin (12/12), mengatakan, intensnya pihaknya melakukan tiga hal penting tersebut guna mencegah adanya sapi Bali di Gowa terserang penyakit Jembrana tersebut.
”Dalam rangka pengendalian dan pencegahan penyakit ke hewan ternak sapi, maka kita intens memberikan vaksinasi, agar kekebalan tubuh pada sapi terjaga,” kata Suhriati.

Ia menyebutkan, untuk saat ini dari total 116 ribu populasi sapi di Kabupaten Gowa yang didominasi sapi jenis Bali, sekitar 30 ribu ekor sapi telah divaksinasi. ”Kita targetkan vaksinasi sapi sekitar 42 ribu ekor dan sekarang yang sudah divaksin itu 30 ribu, jadi sisanya 12 ribu ekor sapi lagi yang akan kita vaksin,” kata Suhriati.

The post Disnakbun Gowa Gencarkan Vaksinasi Sapi appeared first on Berita Kota Makassar.

source