Diskominfo- BPS Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral
axel wiryanto
Monday, 19 June 2023 13:05 pm
dibaca 134 kali

MALILI, BKM — Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Lutim melalui Bidang Statistik melakukan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Tahun 2023 di Lingkup Pemkab Lutim di Aula Media Center Diskominfo-SP, Kamis (15/6).
Evaluasi melibatkan BPS Lutim selaku pendamping, Bapelitbangda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.
Sekdis Diskominfo-SP, Yulius didampingi Kabid Statistik, Haeruddin mengatakan, kegiatan evaluasi dengan tujuan mengukur capaian kemajuan penyelanggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan daerah termasuk Lutim. Data sektoral yang paling banyak dimiliki SKPD diantaranya, Dinas Pendidikan, Dinas Kesahatan Babelitbangda, Kelautan dan Perikanan.
”Inilah OPD yang punya data sektoral strategis dan cukup banyak, tapi diukur dengan data yang mendukung, maka perlu adanya sinkronisasi. Sehingga hari ini kita melakukan evaluasi bagaimana penyelenggaraan statistik di OPD,” kata Yulius.
BPS juga akan menyajikan seperti apa penyelenggaraan statistik sektoral, sehingga nantinya jika ada yang masih kurang bisa saling mengisi, berdiskusi dan memberikan masukan.

Dia mengatakan, Diskominfo-SP bekerjasama dengan Telkom terkait satu data Lutim yang saat ini masih sementara dikerjakan.
“Ini juga sangat penting, yang secara berangsur-angsur semua OPD akan memasukkan data sektoralnya di satu data itu, maka tergambar seperti apa data statistik Pemerintah Kabupaten Lutim,” jelas Sekdis Kominfo-SP.

“Akan tetapi, statistik sektoral yang masih dalam rencana atau belum dilaksanakan dan mulai berjalan pada tahun ini itu tidak dapat dinilaiakan, jadi jika ada dari dinas-dinas yang baru merencanakan kegiatannya pada tahun ini sebelum kegiatan ini itu tidak termasuk dalam penilaian,” tambahnya.
Fatur juga menjelaskan statistik sektoral yang dilakukan oleh pihak ketiga dalam artian Pemkab memegang data maka dapat menyajikan dan menganailis serta mengatur keterkaitan antar unsur dalam penyelenggaraan statistik, sehingga dapat di catat sebagai kegiatan sektoral di Pemkab tersebut.

“Untuk itu, BPS Luwu Timur akan membina penilaian data statistik sektoral di Pemda Lutim dan akan dilakukan perbaikan peningkatan mutu serta peningkatan kegiatan statistik sektoral,” pungkasnya.

(rls)

The post Diskominfo- BPS Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral appeared first on Berita Kota Makassar.

source