Site icon ROVINDO

Disdukcapil Buat Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan

MAROS, BKM — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Maros membuat inovasi pelayanan administrasi kependudukan. Program ini merupakan hasil dari Musrembang yang dilakukan di 14 kecamatan.

Gunanya, untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan catatan kependudukan.
Plt Kepala Disdukcapil Maros, Laurensius Nongkese, mengatakan, ada tiga jenis pelayanan yang dilakukan dalam program ini.
Pertama Pelayanan Administrasi Kependudukan Terintegrasi Keliling (Pakintaki). Pelayanan dilakukan di desa-desa terpencil atau desa yang masyarakatnya majemuk. Dimana, kesulitan mengurus saat hari kerja.

Ia menambahkan, selain untuk masyarakat pedesaan, layanan Pakintaki juga beraksi ketika ada bencana alam. ”Pakintaki juga dilakukan jika saja ada peristiwa penting. Misalnya bencana alam. Sehingha dokumen kependudukannya hilang. Nantinya, tim Pakintaki akan turun,” ujarnya.
Ia menyebutkan, layanan yang dilakukan di Kantor Disdukcapil seluruhnya tersedia dalam Pakintaki.
Oleh karena itu, jumlah anggota tim Pakintaki cukup banyak, mencapai 10 orang sekali turun.
Selanjutnya, ada Tanggap Dukcapil (Tandu).

Lauren, sapaan akrabnya menjelaskan, berbeda dengan Pakintaki, Tandu hanya melayani perekaman KTP dan KK bagi warga yang terkendala masalah kesehatan, lansia, disabilitas dan sebagainya. Sehingga anggota timnya hanya 5 orang.
”Ketika ada laporan yang urgent, tim akan langsung turun. Contohnya seperti orang yang sakit dan membutuhkan KTP atau KK untuk bisa memperoleh pelayanan di Rumah sakit, natinya akan dilakukan perekaman di tempat,” katanya.

The post Disdukcapil Buat Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version