Disdik Wacanakan Lebur Sekolah dalam Satu Kompleks
axel wiryanto
Senin, 20 Maret 2023 10:58 am
dibaca 95 kali

Dia memaparkan, ada sejumlah sekolah yang berada di dalam satu kawasan. Nama sekolahnya juga sama, cuma dibedakan oleh nomor.
Misalnya, SD Mangkura yang beralamat di Jalan Botolempangan, Kecamatan Ujung Pandang. Dalam satu kompleks terdapat enam sekolah. Mulai dari SD Mangkura I hingga Mangkura V, ditambah SD Inpres Mangkura.

Begitu juga dengan SD Monginsidi yang berada di Jalan Monginsidi, SD Sudirman, SD IKIP, dan sejumlah SD lainnya.
Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial itu mengatakan, sekolah-sekolah tersebut punya manajemen sendiri, maupun kepala sekolah sendiri. Namun, fasilitas yang ada di dalam satu kawasan sekolah digunakan bersama.
“Itu dikhawatirkan berpotensi menimbulkan gesekan. Misalnya, ada yang bersamaan ingin menggunakan lapangan upacara. Itu berpotensi terjadi gesekan dan persaingan,” ungkapnya saat diwawancara belum lama ini.

Ke depan, katanya, lebih efektif jika sekolah dalam satu kompleks tersebut dilebur. Selanjutnya ditunjukan satu kepala sekolah. Sementara setiap sekolah yang dilebur akan ditunjuk satu koordinatornya.
Muhyiddin mengatakan, ada ratusan sekolah yang berpotensi untuk disatukan. Dalam satu kompleks, kadang ada tiga hingga lima sekolah. Berdasarkan pengalamannya saat melakukan kunjungan kerja ke Jepang belum lama ini, sekolah yang berada dalam satu kompleks hanya dipimpin oleh satu kepala sekolah. “Jadi tidak ada itu dalam satu kompleks, ada beberapa kepala sekolahnya,” tambah Muhyiddin.
Rencana tersebut akan diajukan ke Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. “Kalau Pak Wali setuju, kita akan persiapkan dokumennya dan diajukan ke Kementerian Pendidikan,” ungkapnya.

The post Disdik Wacanakan Lebur Sekolah dalam Satu Kompleks appeared first on Berita Kota Makassar.

source