Disdik Terapkan Uji Publik di Asesmen Calon Kepsek
axel wiryanto
Saturday, 27 August 2022 20:14 pm
dibaca 205 kali

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota Makassar dalam waktu dekat akan melakukan asesmen bagi calon kepala sekolah. Hal itu dimaksudkan untuk mendapatkan kepsek yang memiliki kapasitas dan kompetensi mumpuni untuk menjadi orang nomor satu di sekolah.
Dewan Pendidikan Kota Makassar berjanji akan mengawal proses ini agar bisa berjalan secara obyektif dan transparan. Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar Rudianto Lallo, menegaskan pemkot juga berencana melibatkan pihaknya dalam proses asesmen nantinya.
”Alhamdulillah, Dewan Pendidikan juga dilibatkan dalam asesmen kepala sekolah di Makassar,” kata RL, sapaan akrab Rudianto Lallo saat menghadiri Focuss Group Discussion “Mengawal Asesmen Kepala Sekolah di Makassar” di Kantor Dewan Pendidikan Makassar, Jumat (26/8).
Dia menekankan assesmen kepala sekolah harus sesuai dengan regulasi yang ada. Termasuk Permendikbud Nomor 40 tahun 2021 dan Peraturan Daerah Makassar Nomor 1 tahun 2019.

RL berharap dalam seleksi nanti akan melahirkan dan mencetak kepala sekolah yang berkualitas yang memang berkonsentrasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Bukan kepala sekolah yang hanya disibukkan dalam pengelolaan dana BOS.
Ditekankan bahwa bahwa asesmen kepala sekolah nantinya harus digelar secara transparan dan obyektif. Semuanya terbuka, termasuk nilai yang diperoleh.
“Kalau hanya akal-akalan, formalitas, mending tidak usaha asesmen. Langsung tunjuk saja. Asesmen dilakukan karena memang betul-betul untuk mencari figur kepala sekolah yang berkompeten. Bukan titipan-titipan atau orang tertentu. Tapi kepala sekolah yang murni kalau orang layak,” tegasnya.
Kepala Dinas Pendidikan Makassar Muhyiddin dalam forum ini menjabarkan tahapan asesmen. Mulai dari administrasi, ujian Computer Assessment Test (CAT), uji publik, hingga wawancara.

The post Disdik Terapkan Uji Publik di Asesmen Calon Kepsek appeared first on Berita Kota Makassar.

source