Site icon ROVINDO

Dinasker Sulsel Hadirkan 44 Perusahaan di Job Fair

MAKASSAR, BKM — Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel menggelar job fair di halaman kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan Km 12, Kamis (24/8). Hadir sebanyak 44 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.
“Ada sebanyak 44 perusahaan dengan lowongan pekerjaan 2.500.Sampai saat ini Ada tiga ribu lebih pendaftar. Dari kuota yang disediakan kita berharap semua terserap,” ujar Kepala Disnakertrans Sulsel Ardiles Saggaf.

Ardiles Saggaf mengaku tingkat pengangguran terbuka harus ditekan secara bertahap. Job fair pun menjadi salah satu solusi untuk menekan angka pengangguran.
“Tingkat pengangguran sudah berada di posisi 5,5 persen. Dengan adanya kegiatan ini target kita menurunkan,” lanjutnya.
Setiap perusahaan harus menyiapkan kuota bagi penyandang disabilitas. Kabid Pengembangan Ketenagakerjaan Nur Eni Yahya menyebut kuota 1 persen bagi penyandang disabilitas perlu diperhatikan.

“Sesuai aturan permendagri harus 1 persen tiap perusahaan tapi kembali lagi bagaimana anggaran dan kesiapan. Karena harus ada layanan yang siap untuk mereka,” kata Nur Eni Yahya.
Disnakertrans Sulsel pun sudah memiliki layanan disabilitas. Sehingga, perusahaan yang butuh memenuhi kuota tersebut bisa difasilitasi Disnakertrans Sulsel.
“Misalnya perusahaan A butuh disabilitas tunadaksa, bisa dihadirkan. Tapi kalau misalkan perusahaan mau tunanetra, bisa Disnakertrans layani ke yang bersangkutan,” jelas Nur Eni Yahya.

“Kami sudah punya layanan disabilitas,” lanjutnya.
Terkait kualifikasi calon pelamar, Nur Eni membagikan tips penting. Nur Eni menyebut perusahaan kini banyak menilai dari skill dan kompetensi. Terlebih dalam menguasai perkembangan teknologi.
“Sudah bergeser paradigma lama dengan ijazah formal. Sekarang skill, kemampuan dan kompetensi. Itu yang dibutuhkan,” kata Nur Eni.
“Kadang ada yang sarjana komputer tapi menguasai grafis itu yang sekarang dibutuhkan,” sambungnya.
Acara Job Fair 2023 Disnakertrans Sulsel berlangsung selama 2 hari, Kamis-Jumat (24-25/8/2023). (jun).

The post Dinasker Sulsel Hadirkan 44 Perusahaan di Job Fair appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version