Dinas P2KB Luwu Timur Canangkan SMPN 1 Nuha Sebagai SSK
axel wiryanto
Saturday, 24 August 2024 15:05 pm
dibaca 54 kali

MALILI, BKM — Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Luwu Timur menggelar Pencananangan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Lutim. Pencanangan tersebut dilakukan oleh Plt Kepala DP2KB Lutim, Aini Endis Anrika yang dimulai dari UPTD SMPN 1 Nuha, Rabu (21/8).

Selain UPTD SMPN 1 Nuha, pada hari Kamis (22/08/2024) juga akan dilakukan di UPTD SMPN 1 Tomoni dan hari Jumatnya (23/8) di UPTD SMPN 5 Malili. Hal ini dilakukan oleh DP2KB Lutim karena pendidikan dan kependudukan merupakan upaya terencana dan sistematik untuk membentuk anak didik agar memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang kondisi kependudukan.
Plt Kepala DP2KB Lutim, Aini Endis Anrika menjelaskan, Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran.

Didalamnya, kata Endis, terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana, agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan dan guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka belajar.

“Dengan demikian, tujuan yang diharapkan dengan adanya program SSK ini tentu saja selain memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggal masing-masing siswa, juga menumbuhkan sikap bertanggung jawab dan perilaku adaptif berkaitan dengan dinamika kependudukan,” jelas Asisten Pemerintahan dan Kesra ini.
Hadir pada kesempatan ini, Kepala Bidang Dalduk DP2KB Lutim, I Nengah Sudiasa, Kepala Sekolah SMPN 1 Nuha, Pengawas TK/SD Lutim Dinas Dikbud.

(rls)

source