Di Tanggal Cantik, 50 Dewan Makassar 2024-2029 Resmi Bertugas
axel wiryanto
Monday, 09 September 2024 12:53 pm
dibaca 20 kali

MAKASSAR, BKM– Di tanggal cantik hari ini (9/9), 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar Periode 2024-2029 resmi bertugas setelah dilantik dan dikukuhkan. Sekretariat DPRD (Setwan) Kota Makassar, menyuguhkan pelantikan dan penerimaan tamu dengan budaya Makassar.

Hal tersebut dibenarkan Sekertaris Dewan (Sekwan) Makassar, H Dahyal.Saat dihubungi BKM, Minggu (8/9), ia mengatakan persiapan pelantikan dan pengucapan sumpah atau janji anggota DPRD Makassar Periode 2024-2029 sudah rampung sesuai petunjuk teknis dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Bahkan pelantikan dilakukan dilakukan di ruang paripurna yang ketal dengan nuansa adat Makassar.

“Pengucapan sumpah pelantikan anggota DPRD yang baru tentunya akan berbeda. Persiapan juga sudah selesai, karena kami akan mengundang banyak tamu.Itu membutuhkan persiapan yang lebih intensif dari berbagai aspek teknis dan logistik termasuk nuansa adat Makassar saat pelantikan besok (hari ini-red),” ungkapnya.

Lanjutnya bahwa, proses pelantikan juga dirancang untuk memberikan penghormatan kepada anggota DPRD yang baru dan memberikan moment sakral. Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai pihak, pelantikan anggota DPRD Makassar diharapkan menjadi momentum penting dalam memperkuat tata kelola dan demokrasi serta mewujudkan pembangunan yang lebih baik untuk lima tahun ke depan.

“Semoga pelantikan besok (Hari ini) bisa berjalan dengan hikmat, lancar koordinasi dengan seluruh pihak juga bisa terlaksana dengan baik. Kita juga jadikan momen pelantikan ini memperkuat tata kelola dan demokrasi yang lebih baik untuk lima tahun ke depan,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol DPRD Makassar, Syahril, mengaku agenda pelantikan dan persiapan terakhir hingga gladi bersama anggota DPRD Makassar terpilih sudah dilakukan. Seluruh persiapan bisa dipastikan telah di rampung dengan sentuhan budaya Makassar.
“Kita baru rapat bersama seluruh stakeholder untuk rampungkan tahap akhir. Kita juga lakukan kemarin gladi, acara pelantikan ini kami combine dengan budaya makassar sehingga ada yang berbeda dengan paripurna sebelumnya,” bebernya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa penerima tamu akan mengenakan pakaian adat, penyambutan disuguhkan penampilan seni tradisional ganrang bulo untuk menambah semangat dalam momen penting ini.
“Kami sisipkan ada budaya Makassar di pelantikan ini, para tamu dan penerima tamu memakai baju adat, kemudian kita penyambutan siapkan ganrang bulo. Tidak menghilangkan moment pelantikan sebelumnya tapi memberi nuansa baru biar semangat baru juga bisa diberikan kepada anggota dewan terpilih,” katanya.

Terkait undangan, Syahril membeberkan tiap anggota dewan terpilih hanya diperbolehkan membawa maksimal empat orang yang terdiri dari istri dan anak-anak mereka.”Untuk anggota dewan diberikan empat undangan. Istri dan anak dua jadi empat maksimal,” ucapnya.
Bahkan mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan juga sudah dimatangkan, dengan memastikan bahwa koordinasi dengan dinas terkait, seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, kepolisian, Dinas Kesehatan, Dinas Damkar, dan BPBD telah dilakukan. (ita)

source