Dekranasda Ikut Rakernas Dekranas
axel wiryanto
Sunday, 25 September 2022 20:08 pm
dibaca 224 kali

MALILI, BKM — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Luwu Timur, menghadiri Rakernas Dekranas 2022 secara virtual di Ruang Media Center Diskominfo-SP Lutim baru-baru ini.

Ketua Umum Dekranas, Hj. Wury Ma’ruf Amin mengungkapkan, tema Rakernas “Semangat Bertahan, Perajin Berdaya Saing” menunjukkan semangat para pengrajin untuk terus berkarya dan meningkatkan daya saing disaat pandemi covid-19 yang menghantam sendi-sendi perekonomian seluruh bangsa di dunia.
“Rasa optimisme yang memang sudah seharusnya kita tunjukkan bahwa kita mampu melewati situasi ini dengan baik dan harus sanggup mengubah tantangan menjadi suatu peluang serta dapat mengambil hikmah dari kejadian pandemi ini,” jelas Wury Ma’ruf Amin.
Ia menambahkan rakernas ini tentunya bertujuan untuk menyusun program kerja yang akan dijadikan pedoman bagi organisasi Dekranas dan Dekranasda di seluruh Indonesia selama satu tahun kedepan.

“Penyusunan program kerja ini sangat penting, khususnya jika dikaitkan dengan tujuan Dekranas yang sangat mulia diantaranya ialah, menggali, melestarikan dan mengembalikan warisan budaya bangsa, meningkatkan kualitas produk kerajinan dan pengrajin dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa, memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengrajin dengan mendorong semangat kewirausahaan serta mempromosikan produk hasil kerajinan dalam rangka perluasan pasar didalam negeri dan luar negeri,” tambahnya.

Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, perlu dilakukan fasilitasi dan pembinaan terhadap para pengrajin dalam upaya meningkatkan daya saingnya.
“Semua hal tersebut hendaknya terwujud dalam program kerja yang disusun bersama dan hendaknya juga dilakukan sejalan dengan visi mulia yang diemban Dekranas yaitu menjadi lembaga yang handal dalam mendukung kemandirian ekonomi Indonesia,” ungkapnya.
Hj. Wury Ma’ruf Amin mengajak seluruh peserta rakernas tersebut untuk menjadikan kegiatan ini sebagai momentum kebangkitan kembali industri kerajinan Nusantara yang berbasis warisan budaya bangsa dengan membina dan mengembangkan produk kerajinan Indonesia yang berkualitas sebagai jati diri bangsa. (rls)

The post Dekranasda Ikut Rakernas Dekranas appeared first on Berita Kota Makassar.

source