Danny Bakal Bangun Koridor Film Mirip Hollywood
axel wiryanto
Thursday, 05 September 2024 20:11 pm
dibaca 19 kali

MAKASSAR,BKM– Industri perfilman di Makassar mulai menunjukkan perkembangan yang positif dengan semakin banyaknya film lokal yang tayang di bioskop nasional.Beragam genre, mulai dari komedi hingga horor, kini semakin sering mewarnai layar lebar.

Oleh karena itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, berencana untuk membangun koridor film di Kota Makassar.
Menurut Danny sapaan akrabnya, sebagai pusat budaya di kawasan timur Indonesia, Makassar sudah saatnya memiliki kompleks pembuatan film yang dapat mendukung industri perfilman lokal.
“Kalau kembali ke masa lalu, Makassar ini kota kedua setelah Jakarta, nah sudah saatnya kita membuat koridor film,” kata Danny.

Rencana pembangunan kompleks perfilman di Makassar akan mengadopsi konsep serupa dengan Hollywood. Di mana, nantinya diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan bagi industri film lokal.
Meski saat ini pajak dari sektor film belum memberikan dampak besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar, Danny menilai pentingnya dukungan pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan industri ini. Danny juga mencatat bahwa film lokal telah berperan dalam menarik wisatawan ke Makassar.

Melalui film, penonton dapat mengenal lebih dalam tentang budaya, sejarah, dan kuliner khas Bugis-Makassar. ” Yang membuat orang-orang datang dan nyaman ke sini karena branding itu (film lokal), salah satu yang berkontibusi besar terhadap terhadapnre branding Makassar yaitu film, orang bicara film Uang Panai, past ingatnya Makassar,” terang Danny.

Sementara itu, Sutradara asal Makassar Andi Burhamzah dari Rumah Produksi Film Timur Pictures menyambut baik keinginan Wali Kota Makassar untuk terus mengembangkan film Makassar melalui koridor film Hollywood. Hanya saja, ia meminta agar wali kota tidak terlalu berkiblat perfileman ke Hollywood meskipun saaat ini film Hollywood yang perhatian dunia. Yang terpenting sekarang bagaimana Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata yang banyak memberikan dukungan terhadap perfileman di Makassar bisa terus dimaksimalkan dan dipertahankan agar film Maassar bisa menjadi film terbaik di Indonesia,harapnya.(rhm)

source