Danny-Adnan Kian Lengket, Bisa Lahirkan Kekuatan Dahsyat
axel wiryanto
Wednesday, 05 October 2022 13:13 pm
dibaca 200 kali

MAKASSAR, BKM — Dua kepala daerah yang wilayahnya saling berdekatan semakin lengket menjelang perhelatan pesta demokrasi lima tahunan 14 Februari 2024 mendatang. Mereka adalah Wali Kota Makassar dua periode Mohammad Ramdhan Pomanto dan Bupati Gowa yang juga dua periode Adnan Purichta Ichsan.
Adnan pernah datang menemui Danny di ruang kerjanya selaku kepala daerah. Mantan anggota DPRD Sulsel itu juga bertemu Danny pada kegiatan jalan sehat restorasi yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem di Kota Makassar beberapa waktu lalu. Dan terbaru, Adnan dan Danny juga sama-sama hadir pada kegiatan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulsel di Four Poin By Sheraton Hotel Makassar, Senin (3/10).

Ada yang mengaitkan bila kedekatan keduanya bisa jadi pintu masuk untuk bersama-sama pada kontestasi pemilihan gubernur (pilgub) Sulsel November 2024 nanti.
Pemerhati politik yang juga Direktur Eksekutif PT Nurany Strategic Dr Nurmal Idrus, mengemukakan bahwa hal yang lumrah jika keduanya banyak disebut memiliki peluang. “Saya pikir muatan politik dalam pertemuan mereka itu belum bisa diprediksikan saat ini. Tetapi karena keduanya adalah kandidat cagub 2024 yang banyak disebut, maka lumrah jika setiap interaksi mereka dipahami sebagai manuver politik,” ujar Nurmal Idrus, Selasa (4/10).

Namun, secara hitung-hitungan politis perpaduan keduanya bisa melahirkan kekuatan yang dahsyat di pilgub 2024. “Walau menurut saya, secara geopolitik keduanya sebenarnya punya basis massa yang beririsan. Danny dan Adnan adalah penguasa area selatan, yang tentu lebih baik jika memilih figur dari tengah atau utara Sulsel,” jelas Nurmal yang pernah tercatat sebagai ketua KPU Kota Makassar. Terpisah, pengamat politik Dr Andi Haris, menilai baik Danny Pomanto maupun Adnan Purichta tentu memiliki posisi yang cukup bagus untuk maju karena mereka sudah berpengalaman dan dua periode menjadi kepala daerah.
“Dua-duanya punya posisi yang bagus untuk maju. Persoalnya pada partai politik, serta dukungan dari masyarakat,” jelas Andi Haris, kemarin.
Danny Pomanto tercatat sebagai kader Partai Nasdem Sulsel. Sementara Adnan memiliki kedekatan dengan Ketua Nasdem Sulsel Rusdi Masse. Partai ini juga telah mendeklasikan calon presidennya, yakni Anies Rasyid Baswedan.

The post Danny-Adnan Kian Lengket, Bisa Lahirkan Kekuatan Dahsyat appeared first on Berita Kota Makassar.

source