DANA Perluas Akses Layanan Keuangan Digital
axel wiryanto
Sabtu, 22 Oktober 2022 20:05 pm
dibaca 187 kali

MAKASSAR, BKM — Kepulauan Natuna memiliki potensi berlimpah. Kelestarian alam, migas, hingga perikanannya ikut memajukan berbagai sektor dari pariwisata, perdagangan, hingga kelautan. Potensi ini ikut memengaruhi bertumbuhnya kewirausahaan di Kepulauan Natuna yang kini mencapai lebih dari 5.650 UMKM pada tahun 2021.

Berada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) juga tidak menghalangi Kepulauan Natuna untuk memperkuat daya saing. Sebaliknya, Kepulauan Natuna terus berkembang seiring dengan munculnya berbagai dukungan dari pemerintah. Termasuk dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang menyediakan infrastruktur telekomunikasi, Palapa Ring, sehingga masyarakat Natuna sekarang sudah merdeka internet.

Kepulauan Natuna terus mengembangkan dirinya dengan menghadirkan inovasi masyarakat lokal melalui NatunaMart hingga mengadopsi sistem pembayaran QRIS. Melihat semangat kemandirian masyarakat di Kepulauan Natuna, DANA sebagai bagian dari ekosistem ekonomi digital yang terus memberdayakan lebih dari 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis, ikut berpartisipasi aktif dalam memperluas akses layanan keuangan digital di Kepulauan Natuna selama setahun terakhir.
Sejak tahun lalu, DANA telah bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Natuna, menjadi mitra yang dipercaya untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat, memfasilitasi transaksi nontunai di aplikasi NatunaMart melalui QRIS, serta memperkaya pengetahuan UMKM lewat pendampingan mengenai kewirausahaan di era digital. Puncaknya, DANA menginisiasi sekaligus mempersiapkan Kepulauan Natuna menjadi Kepulauan Digital lewat pencanangan Natuna Digital Islands pada 16 Oktober 2022.

The post DANA Perluas Akses Layanan Keuangan Digital appeared first on Berita Kota Makassar.

source