Calo PPDB Gentayangan, Jangan Ladeni!
axel wiryanto
Wednesday, 06 July 2022 04:15 am
dibaca 246 kali

MAKASSAR, BKM — Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi untuk jenjang SD dan SMP telah rampung. Pengumuman sudah dilakukan melalui website PPDB.

Kendati demikian, masih ada sejumlah persoalan yang tersisa. Selain indikasi bayar berbayar untuk lolos di sekolah idaman, diperoleh juga informasi jika ada pendaftar dari Kabupaten Gowa yang lulus jalur zonasi. Dua calon peserta didik dari luar Makassar tersebut lolos di sekolah dasar.
Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Makassar Muhyiddin Mustakim membantah infomasi bayar membayar untuk masuk sekolah yang melibatkan pihak operator dan sekolah.

“Dugaan permainan operator tidak bisa terjadi. Mereka tidak bisa bermain karena saya sudah kancing titik sekolah. Orang tua yang menentukan titik rumahnya sendiri. Jadi bagaimana mau main operator? Selain itu, ada juga pakta integritas yang telah mereka tanda tangani,” ungkap Muhyiddin saat dihubungi BKM, Senin (4/7).

Lebih jauh dikemukakan, informasi soal orang tua yang ditawari membayar Rp2 juta agar anaknya bisa lulus, itu permainan calo.
“Saya luruskan, hati-hati dengan calo. Sudah saya telusuri. Sudah saya tanyakan ke ibu yang ingin daftarkan anaknya. Ternyata dia ditawari seorang ibu di luar sekolah,” tegasnya.

Sementara itu, terkait anak dari luar Makassar yang lulus jalur zonasi di sekolah Makassar, Muhyiddin mengatakan kemungkinan itu bisa saja terjadi. “Itu bisa terjadi jika yang bersangkutan tinggal di wilayah perbatasan Makassar, dan ada sekolah yang dekat dengan tempat tinggalnya,” kata Muhyiddin.
Lebih jauh dijelaskan, memang ada disiapkan 5 persen untuk peserta didik di daerah perbatasan. Pertimbangannya, terkadang ada di antara mereka yang bermukim lebih dekat dengan sekolah yang ada di Makassar dibanding di Gowa.

The post Calo PPDB Gentayangan, Jangan Ladeni! appeared first on Berita Kota Makassar.

source