Bupati Kukuhkan Suhartina Sebagai Bunda Literasi Maros
axel wiryanto
Friday, 11 November 2022 12:11 pm
dibaca 383 kali

MAROS, BKM — Bupati Maros, AS Chaidir Syam, mengukuhkan Suhartina Bohari sebagai Bunda Literasi Kabupaten Maros periode 2022-2024. Pengukuhan berlangsung di ruang pola kantor bupati Maros, Selasa (8/11).

Bupati Maros, AS Chaidir Syam, mengungkapkan, pengukuhan bunda literasi ini merupakan bentuk dorongan Maros sebagai Kabupaten Literasi. ”Gerakan-gerakan literasi terus kita lakukan. Termasuk meningkatkan minat baca masyarakat,” ungkap Chaidir.
Menurutnya, membawa Maros menjadi kabupaten literasi dibutuhkan gerak bersama. Segala capaian literasi yang diperoleh Maros, bukan hanya capaiannya sebagai Bupati Maros saja, melainkan hasil dari gerak bersama.
”Paling utama adalah semua turut bergerak. Selama dua tahun masa pemerintahan saya bersama ibu Wabup, ia telah berusaha menggerakkan literasi sampai ke tingkat paling bawah,” jelasnya.
Ia menyebutkan, beberapa capaian yang diperoleh diantaranya Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) yang sebelumnya berada diurutan 13 kini telah naik ke urutan 10. Begitu pula Indeks Gerakan Membaca (IGM), Maros telah masuk pada urutan ketiga.
”Alhamdulillah, Kabupaten Maros pada survei Perpustakaan Nasional 2022 untuk gerakan membaca, telah meningkat. Maros berada pada urutan ketiga setelah Kota Makassar dan Kabupaten Gowa,” tuturnya.

Sampai ke tingkat desa, masyarakat sudah mulai melek literasi. Ini berkat kerja bersama dari Suhartina dan 14 bunda literasi lainnya di tingkat kecamatan. Meskipun begitu, ternyata masih ada sekitar 4013 yang masih mengalami buta aksara.
”Kami telah bergerak bersama bunda literasi kecamatan. Kendala yang besar saat ini ialah masih terkait buta aksara pada usia lansia. Kita butuh tenaga pengajar yang besar, sebab sulit untuk mengumpulkan para lansia yang buta aksara di satu tempat,” ungkap Suhartina yang juga wakil bupati Maros, usai pengukuhan.
Agenda selanjutnya, ungkap Suhartina, ia akan membuat rapat kerja, menyusun program kerja yang akan dilakukan tahun depan. 14 bunda literasi akan berkumpul dan mendiskusikan solusi terhadap kendala-kendala yang ada.
”Program itu isinya adalah temuan-temuan dari persoalan yang didapatkan oleh bunda literasi kecamatan. Kita akan membahas apa yang dapat menjadi solusi memecahkan masalah yang terungkap saat rapat kerja,” pungkasnya. (ari/c)

The post Bupati Kukuhkan Suhartina Sebagai Bunda Literasi Maros appeared first on Berita Kota Makassar.

source