Budiman Buka Bimtek Kapasitas Anggota BPD
axel wiryanto
Sunday, 03 September 2023 18:36 pm
dibaca 236 kali

MALILI, BKM — Bupati Luwu Timur, H Budiman membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Anggota Badan Permusyarawatan Desa (BPD) se-Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023, yang di Hotel D’Maleo Makassar, Rabu (30/8).
Bimtek ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Otonomi Daerah Makassar, bertemakan “Penguatan Kapasitas Kelembagaan BPD Dalam Mewujudkan Desa Yang Demokratis dan Aspiratif Kabupaten Luwu Timur” dan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 30 Agustus sampai 2 september 2023. Sementara peserta yang mengikuti Bimtek ini berjumlah 128 orang terdiri Ketua atau Sekretaris BPD dari 124 Desa se-Kabupaten Luwu Timur.
Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara Bimtek oleh Dinas PMD Luwu Timur karena telah mengoptimalkan Bimtek ini tidak lain dalam upaya membangun desa serta menjadikan peserta pelatihan sebagai Anggota BPD yang profesional sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Saat ini, kata Budiman, desa dituntut untuk mampu mengelola anggaran yang cukup besar, sehingga Anggota BPD harus paham regulasi yang berlaku dalam pelaksanaan pembangunan.
“Rajin berdiskusi dan membaca aturan, manfaatkan teknologi dalam menggali pengetahuan, tetapi regulasi harus selalu di taati agar dalam melaksanakan fungsi dan tugas selaku Anggota BPD tidak ada permasalahan di kemudian hari,” pesan Bupati.
“Bantu pemerintah sesuai dengan pelaksaannya agar bagaimana kita mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan daya saing desa, oleh karenanya, peningkatan kapasitas BPD ini dalam menjalankan manajemen desa sangat di harapkan lebih meningkat,” tambahnya lagi.
Menurut Budiman, BPD ini mitra pemerintah daerah, komponen kuat di dalam membangun Luwu Timur. Dengan hadirnya kita semua ini mempunyai manfaat dengan baik.

“Berbuatlah kebaikan, karena tiap-tiap kebaikan yang kita lakukan tidak akan merugi jika dilakukan dengan ikhlas. Bantu kepala desa untuk melihat potensi di desa kita masing-masing. Pastikan bahwa desa bisa berkembang dengan baik,” harap Bupati Budiman.
Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Halsen melaporkan bahwa, tujuan bimtek ini untuk meningkatkan Kapasitas Anggota BPD mensinergikan di antara pemangku kepentingan di desa, terkhusus Kepala Desa dan BPD agar terwujud hubungan yang harmonis serta terjalinnya kerja sama yang baik.
“Melalui kegiatan ini, saya selaku pimpinan dari kelembangaan ini berharap untuk betul-betul serius mengikuti bimtek ini dan berjalan dengan baik, karena Sistem Pemerintahan Desa untuk BPD sangat penting dalam pelayanan masyarakat sehingga tugas dan tanggung jawab begitu penting bagi warga,” imbuh Halsen. (rls)

The post Budiman Buka Bimtek Kapasitas Anggota BPD appeared first on Berita Kota Makassar.

source