BPSDMI Bersama PT Tera Data Indonesia Gelar Pelatihan di SMK SMTI Makassar
axel wiryanto
Kamis, 08 Juni 2023 18:43 pm
dibaca 82 kali

MAKASSAR,BKM.COM–Dalam menghadapi era dunia yang semakin kompetitif, pembangunnan SDM melalui keterampilan vokasi yang sesuai dengan pasar kerja harus terus ditingkatkan.

Kementerian Perindustrian telah menyiapkan kurikulum Industri 4.0 pada pendidikan vokasi di bawah BPSDMI, di mana BPSDMI telah melakukan kajian dengan Prospera Australia tentang future skill, seperti programming PLC visual basic, 3D design, bio-security dan pengoperasian mesin robotic.

BPSDMI berkolaborasi dengan PT Tera Data Indonesia (Axioo) menyelenggarakan pelatihan dan uji sertifikasi bidang robotik yang diselenggarakan 2 batch, yaitu di SMK SMTI Makassar dan SMK SMTI Padang. “Kegiatan axioo robotik ini, diharapkan melahirkan SDM Industri yang handal dalam rangka mendorong implementasi 4.0.” Ungkap Basri Nur, selaku kepala SMK SMTI Makassar saat membuka acara tersebut.

Melalui pelatihan ini, Bapak/Ibu guru, dosen maupun mitra industri akan mempelajari banyak hal seperti : K3 Industri, Logic Fundamental dan IoT Dasar, Robot Coding Mbot dan Robot 4 Axis, Pemograman Robot dan Sistem pemograman Controller Robot, Sistem Integrasi Robot dengan Conveyor dan Controller.

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 5-9 Juni 2023 di SMK SMTI Makassar, dengan menghadirkan 16 peserta dari pengajar SMK, Politeknik dan industri yang berada di wilayah Indonesia Timur. Peserta juga akan mendapatkan 2 sertifikat yaitu dari Sertifikasi Axioo Robotic Academy dan Sertifikat Kompetensi dari BNSP sebagai bukti kompeten Bapak/Ibu di bidang robotik. Diharapkan melalui pelatihan ini terbangun SDM Industri yang kompeten serta menjadi bekal guru, dosen dan mitra industri dalam memberikan materi pengenalan robot ke peserta didik maupun mahasiswa dalam bidang robotik.(rls)

The post BPSDMI Bersama PT Tera Data Indonesia Gelar Pelatihan di SMK SMTI Makassar appeared first on Berita Kota Makassar.

source