Site icon ROVINDO

BPBD Lakukan Pengembangan Kapasitas TRCB

MALILI, BKM — Pemkab Luwu Timur melalui Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar kegiatan Pengembangan Kapasitas Tim Reaksi Cepat (TRC) Bencana, di Aula Kantor Dinas PUPR Lutim, Rabu (30/8).
Kegiatan yang diselenggarakan dari tanggal 30-31 Agustus 2023 ini, dibuka oleh Bupati Luwu Timur yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan, dr. H. April.

Selama dua hari, peserta dibekali beberapa materi dari dua orang narasumber yakni H. Eddy Jaya Putra, (Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sulsel), dan Mohammad Bohari Laode (Koordinator Pos Basarnas Unit Siaga SAR Kendari wilayah Luwu Timur).
Dalam sambutannya, dr. H. April menjelaskan penanggulangan bencana ini beberapa tahap, tahap paling dini ialah Mitigasi Bencana, Pencegahan, dan Kesiapsiagaan. Diharapkan TRC yang sudah ada yang mungkin sudah pernah terlatih, namun begitu, meskipun sudah pernah terlatih tapi perlu dikuatkan lagi ilmunya.

“Sasaran utama yang harus kita lindungi ketika ada bencana ialah penduduk. Karena kalau berbicara bencana, yang pertama diselidiki ialah berapa korban jiwanya, bukan berapa kerusakan, karena kerusakan bisa diperbaiki, namun nyawa tidak bisa digantikan,” tegas April.
Sebanyak 300 ribu penduduk yang tersebar di Luwu Timur ini, Tim Reaksi Cepat harus sama-sama memperlakukan korban bencana, karena penduduk yang ada di Malili dan Burau sama haknya, ialah mendapatkan pertolongan TRC dengan cepat.
Dia berharap jangan hanya pengembangan kapasitas TRC saja yang ditingkatkan, namun prasarananya juga perlu dikembangkan.
Sementara Sekretaris BPBD Lutim, Jumardin mengatakan, menyikapi kejadian bencana yang sampai saat ini intensitas maupun besarnya semakin terasa bahkan dengan karakteristik yang semakin beragam, sehingga perlu peningkatan sumber daya yang ada untuk senantiasa meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana yang berpotensi terjadi dalam wilayah Lutim.
“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan manajerial bagi anggota bagi anggota TRC sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas pada penanganan darurat bencana, sehingga semakin cepat dalam merespon setiap kejadian sesuai dengan perkembangan kondisi bencana yang terjadi,“ kata Jumardin
“Selain itu juga meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta semangat, disiplin, dan kinerja TRC dalam melaksanakan pelayanan yang baik terhadap masyarakat khususnya masyarakat yang terdampak bencana,” tambah Jumardin.
(rls)

The post BPBD Lakukan Pengembangan Kapasitas TRCB appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version