Bootcamp UMKM Journey to Export with BNI Xpora Libatkan 10 UMKM Binaan
axel wiryanto
Friday, 21 July 2023 17:12 pm
dibaca 210 kali

MAKASSAR, BKM — Dalam rangkaian HUT BNI ke-77, BNI Regional Office 07 menggelar Bootcamp UMKM Joutney to Export with BNI Xpora. Kegiatan yang dilaksanakan, Kamis 20 Juli 2023 ini diikuti 10 UMKM binaan yang berorientasi ekport yang telah lulus seleksi (kurasi).

Ajang ini diperuntukkan kepada nasabah aktif BNI.

Program akan berlangsung secara intensif selama enam bulan, sejak Juli hingga November 2023.

Edson Yudisthira selaku Area Head Regional Office 07 menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan kegiatan ini, BNI Xpora Regional 07 berkolaborasi dengan stakeholder terkait. Antara lain Bank Indonesia, Bea Cukai, DinasPer dagangan, Asuransi Ekspor dan pihak lainnya.

Pelibatan sejumlah pemangku kepentingan itu bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM berupa asistensi ekspor impor, pencatanan dan pengelolaan keuangan, dukungan permodalan dan layanan transaksi usaha menuju UMKM go productive, go digital, dan go global.

”Dengan begitu diharapkan UMKM akan memiliki produk yang berdaya saing dan dan berkemampuan digital dalam proses bisnis, serta akses pasar yang lebih luas di mancanegara melalui pameran produk bertaraf internasional dan business matching dengan potensial buyer yang ada di luar negeri,” ujar Edson Yudhistira.

Saat ini BNI memiliki tujuh kantor cabang di luar negeri.

Antara lain BNI Singapura, BNI Hongkong, BNI Tokyo, BNI Seoul, BNI New York, BNI Lodon, dan BNI Amsterdam. Kantor cabang tersebut hadir untuk mensupport pelaku usaha potensial ekspor yang ada di Indonesia, terkhusus area kerja BNI Xpora Regional 07 yang menjadi hub untuk Indonesia timur, yang meliputi Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Salah satu peserta batch I bootcamp adalah Raja Madu Sulawesi.

Ia menyampaikan rasa syukur dan bangga mengikuti program UMKM Journey to Export with BNI Xpora ini. ”Karena kami mendapatkan banyak insight pengelolaan usaha,tips dan trik pembuatan company profile untuk tujuan business matching ke potensial buyer agar closing,” terangnya.

Selain itu, yang membuat dirinya tambah semangat lagi, karena BNI memiliki layanan dan produk yang unggul seperti jaringan kantor yang tersebar luas, e-Channel (BNI Mobile Banking, BNI Direct, EDC), Agen 46 dan QRIS BNI.

Baca juga:

”Termasuk komitmen BNI untuk melakukan pendampingan dan pemberdayaan yang didukung sepenuhnya oleh tujuh kantor kantor cabang BNI di luar negeri, sehingga produk UMKM kami dapat bersaing dan menembus pasar mancanegara yang menjadi cita-cita kami,” imbuhnya. (rls)

 

 

The post Bootcamp UMKM Journey to Export with BNI Xpora Libatkan 10 UMKM Binaan appeared first on Berita Kota Makassar.

source