Bocoran: Sulsel Dapat Tambahan 861 Kuota Haji
axel wiryanto
Wednesday, 24 January 2024 01:43 am
dibaca 118 kali

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) telah menetapkan kuota haji sebanyak 7.272 jemaah. Angka tersebut sama dengan tahun 2023 kemarin. Tambahan kuota menyusul.
Hal ini merujuk pada SK Gubernur No.

5/I/Tahun 2024 tentang Penetapan Kuota Haji Kabupaten/Kota di Provinsi Sulsel Musim Haji Tahun 1445 H/2024 M.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi membocorkan, berdasarkan matriks perhitungan kuota tambahan dari pemerintah pusat (Kemenag) ke Sulsel dimungkinkan sebesar 861 orang, namun keputusan resminya masih menunggu.

“Itu kalau berdasarkan matriksnya (861 orang). Tapi untuk kepastiannya tunggu saja keputusan besok, lebih mengikat. Matriksnya sekitar itu.

Tapi kepastiannya tunggu dari Kemenag,” ungkap Ashabul, Senin (22/1).

Ia melanjutkan bahwa masa tunggu haji di Sulsel mencapai 47 tahun, tepatnya di Kabupaten Bantaeng. Karena itu pihaknya di Komisi VIII terus memperjuangkan penambahan kuota haji demi mempersingkat masa tunggu.

Diketahui, berdasarkan kuota yang ditetapkan Gubernur Sulsel, Kota Makassar tercatat menjadi daerah dengan kuota haji terbanyak dengan 1.078 orang jemaah. Sedangkang paling sedikit yakni Kabupaten Toraja Utara dengan 19 orang.

Pranata Humas Kemenag Sulsel Mawardi Sirajuddin menyampaikan angka di atas belum termasuk tambahan kuota dari Kemenag RI.

“Jumlah di atas belum termasuk kuota tambahan. Pembagiannya masih menunggu keputusan dari Kemenag Pusat,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sulsel Ikbal Ismail menyampaikan bahwa pemerintah pusat mendapatkan tambahan 20.000 kuota untuk Indonesia dari pemerintah Arab Saudi. Namun jatah untuk Sulsel masih menunggu keputusan.

“Kemarin kan pemerintah Saudi sudah memberikan tambahan ke pemerintah Indonesia sebanyak 20.000.

Pembagiannya belum ada aturannya. Kami masih menunggu dari pusat. Bila sudah ada keputusan Kemenag akan kami sampaikan,” imbuhnya. (jun)

source