Site icon ROVINDO

BNI Xpora Kanwil 07 dan Bea Cukai Makassar Bantu Kembangkan UMKM Berorientasi Ekspor

MAKASSAR, BKM — Sebagai upaya meningkatkan peluang bisnis ekspor di area Sulawesi, BNI Xpora Kantor Wilayah 07 bersama Bea Cukai Makassar berkolaborasi dalam menginisiasi acara Xpora International Logistics and Trade Expo 2022. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mengembangkan dan meningkatkan UMKM berorientasi ekspor.

Acara ini dilaksanakan selama dua hari, 13 dan 14 Desember 2022 yang dihadiri oleh menteri, pejabat daerah dan para pelaku UMKM. Acara opening ceremony dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, yang hadir secara virtual. Sementara acara penutupan dihadiri dan ditutup oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pertanian Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, yang berlangsung di Ballroom Sandeq Hotel Claro Makassar

Expo ini terdiri dari berbagai rangkaian acara. Pertama, X-Show yang merupakan pameran menghadirkan seluruh pihak yang terlibat dalam ekosistem ekspor. Kedua adalah X-Talk, yaitu kegiatan talkshow dengan tema Local Hero dan Tema Proyek Pengembangan Ekspor, yang diisi oleh UMKM inspiratif, Export Assistance dan Wakil Pimpinan Wilayah BNI 07 Bisnis SME dan Konsumer Edson Yudisthira. BNI Expora mengusung tema Go Produktif, Go Digital dan Go Global.

Ketiga adalah X-Competition, yang merupakan sarana seleksi UMKM terpilih untuk layak ekspor. Diisi dengan kegiatan lomba presentasi produk oleh para UMKM. Keempat adalah X-Solution yang merupakan rangkaian kegiatan menghadirkan seluruh stakeholder ekspor yang menyajikan konsultasi secara langsung. Kelima X-Catalogue, yakni kegiatan pengumpulan data dan foto produk untuk dikompilasi secara digital. Terakhir adalah X-Award, yaitu kegiatan pemberian penghargaan kepada pelaku ekspor dan pihak-pihak terkait.

The post BNI Xpora Kanwil 07 dan Bea Cukai Makassar Bantu Kembangkan UMKM Berorientasi Ekspor appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version