Blangko Habis, Disdukcapil Hentikan Cetak KTP-el
axel wiryanto
Wednesday, 14 December 2022 04:12 am
dibaca 160 kali

MAKASSAR, BKM –Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Makassar menghentikan sementara pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Hal ini dilakukan karena pasokan keping blangko habis sejak November lalu.

Kepala Disdukcapil M Hatim hal tersebut saat ditemui di kantornya, Jalan Teduh Bersinar, Senin (12/12). Sebagai pengganti, pihaknya menerbitkan Surat Keterangan (Suket).
“Saat ini distribusi dan stok di pusat sudah habis sehingga berdampak ke daerah. Olehnya itu, kita diperintahkan mengeluarkan surat pengganti KTP elektronik,” ujarnya.

Dia menjelaskan, langkah itu sesuai peritah Dirjen Dukcapil. Masyarakat diminta tidak khawatir karena fungsi suket sama dengan KTP-el.
Termasuk, bisa digunakan untuk keperluan dan pemanfaatan layanan publik.
“Kami keluarkan suket yang mana bisa sama dipergunakan keperluan publik,” katanya.
Hatim menambahkan, suket membuktikan bahwa warga tersebut sudah melakukan perekaman data kependudukan.
Jika stok blanko telah tersedia pada Januari 2023 mendatang, suket bisa ditukarkan di kantor Kecamatan untuk dicetak menjadi KTP-el.
“Blanko sudah tersedia Januari 2023. (Suket) tidak ada jangka waktunya, jika tersedia nanti bisa datang di kantor kecamatan atau capil untuk ganti ktp elektronik,” tambahnya.

Disdukcapil Makassar memastikan kekosongan blangko KTP-el terjadi hampir di seluruh Indonesia.
Hatim menambahkan telah bermohon langsung ke pusat untuk pengajuan blanko. Namun, stok memang kosong.
“Semua, terbatas sekali bahkan di kami ini. Minggu lalu kita ke pusat bermohon blanko namun dari pusat stok kosong,” tutupnya. (rhm)

The post Blangko Habis, Disdukcapil Hentikan Cetak KTP-el appeared first on Berita Kota Makassar.

source