BI Sulsel Optimistis Resesi tak Terlalu Berdampak
axel wiryanto
Tuesday, 17 January 2023 02:20 am
dibaca 132 kali

PAPUA, BKM — Resesi ekonomi global yang diprediksi akan terjadi di Indonesia pada tahun 2023 ini, mendapat perhatian dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan. BI Sulsel optimistis perekonomian di daerah ini bakal aman atau tidak terlalu terdampak dengan ancaman resesi tersebut. Hal itu berdasarkan analisa dan perkiraan BI Sulsel.

Sebaliknya, menurut perkiraan, pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan pada 2023 diperkirakan akan tumbuh kuat pada rentang 4,6-5,4 persen.

Sementara inflasi diperkirakan akan kembali pada rentang sasaran nasional, yakni 3 persen+1.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel Fadjar Majardi menyampaikan prediksi itu dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) BI Sulsel dengan sejumlah media di Sulawesi Selatan pada Sabtu malam (14/1), di Aston Hotel & Convention Center, Kota Sorong, Papua Barat.

Lebih lanjut Fadjar Majardi mengungkap sejumlah indikator yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulsel pada 2023.

Di antaranya penguatan sinergi pemerintah baik dari sisi fiskal, moneter maupun perbankan, peningkatan mobilitas yang akan mendorong konsumsi masyarakat lebih tinggi, serta meningkatnya target produksi padi nasional; dan kuatnya permintaan ekspor unggulan Sulsel.

“Pertumbuhan ekonomi tahun 2023 diperkirakan tetap kuat, meski di tengah berbagai risiko dari dalam dan luar negari,” imbuhnya.

Adapun terkait inflasi, BI Sulsel memperkirakan grafik inflasi Sulawesi Selatan pada 2023 akan melandai sehingga dapat mendorong kondusivitas iklim usaha.

Grafik inflasi yang diprdiksi melandai tersebut, menurut Fadjar, dipengaruhi oleh sejumlah indikator pengendalian. Salah satunya program peningkatan produktivitas pertanian lewat program Mandiri Benih.

The post BI Sulsel Optimistis Resesi tak Terlalu Berdampak appeared first on Berita Kota Makassar.

source