Bhabinkamtibmas Temui Warga Beri Pesan Keselamatan
axel wiryanto
Friday, 20 September 2024 01:32 am
dibaca 9 kali

PAREPARE, BKM — Bhabinkamtibmas Polsek Ujung Kota Parepare, Aipda Jepri Kutubi melaksanakan kunjungan kepada warga di Kelurahan Labukkang di tengah cuaca panas akibat musim kemarau yang melanda dibeberapa daerah dan khususnya wilayah hukum Polres Parepare, Rabu (18/9).

Kegiatan sambang bertujuan untuk memberikan himbauan mengenai pentingnya menjaga keselamatan diri dan keluarga dari potensi kebakaran pada musim kemarau. Dalam kunjungannya, Aipda Jepri mengunjungi beberapa lokasi termasuk Kantor Kelurahan Labukkang di Jalan Mattirotasi dan area taman di Jalan Bandar Madani Kecamatan Ujung Parepare.

Dia mengingatkan warga untuk bersikap hati-hati dan waspada terhadap kondisi cuaca yang ekstrem, di mana hembusan angin kencang dapat meningkatkan risiko kebakaran, baik lahan maupun rumah. Kondisi cuaca yang panas dan kering baru-baru ini telah menyebabkan beberapa kebakaran lahan di wilayah Kota Parepare. Meskipun penyebab pasti kebakaran tersebut belum diketahui, dugaan sementara menunjukkan bahwa kebakaran terjadi akibat tindakan pembakaran lahan untuk membersihkan alang-alang, serta pembakaran sampah yang tidak hati-hati. Angin kencang dapat dengan cepat menyebarkan api ke area sekitarnya.

Aipda Jepri menyampaikan pesan-pesan penting kepada warga yang ditemuinya yakni bersikap hati-hati terhadap angin kencang yang dapat memicu kebakaran, menghindari pembakaran sampah atau daun kering di halaman rumah dan sekitar area perkantoran, memastikan kompor dalam keadaan mati saat meninggalkan rumah, memeriksa kondisi kelistrikan di rumah agar dalam keadaan aman dan tidak berpotensi menyebabkan kebakaran.

Sebagai bentuk kepedulian, Aipda Jepri juga memberikan nomor kontak darurat yang bisa dihubungi kapan saja jika terjadi kebakaran, yaitu Call Center terpadu 112, 113, 0811 4121 754 (HP/WhatsApp), dan 0421-21754.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi kebakaran, sehingga dapat mencegah terjadinya insiden yang tidak diinginkan di masa mendatang.
Kapolsek Ujung Polres Parepare Kompol Suardi mengapresiasi upaya dari Aipda Jefri. Dia berharap masyarakat dapat lebih peka dan berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan lingkungan.
“Dengan kesadaran semua pihak, diharapkan kita dapat mencegah terjadinya kebakaran dan menjaga keselamatan bersama, baik itu kebakaran lahan, maupun kebakaran rumah,”jelasnya. (mup/C)

source