Site icon ROVINDO

Bersedekah Secara Terang-terangan Itu Baik

MAKASSAR,BKM.COM–TIDAK sedikit di antara kita yang enggan bersedekah jika melakukan secara terang terangan. Khawatir disebut pamer dan semacam. Padahal praktik seperti itu tidak dilarang, bergantung dari niatnya.

Di bagian awal, aktivis Fatayat NU ini mengurai tentang sedekah yang berarti jujur, tulus, ikhlas, dan benar. Atau pemberian yang dilakukan secara tulus, jujur, ikhlas, serta benar. Karena itu, jika pemberian tersebut dilakukan tidak dengan ikhlas, jujur dan tulus, maka itu bukanlah sedekah.

”Banyak yang memaknai bahwa sedekah itu adalah pemberian. Dalam Al-Qur’an diartikan sebagai zakat. Zakat adalah sedekah yang wajib dilakukan. Zakat artinya mensucikan. Sedekah sebagai zakat kita berbicara tentang dampaknya. Bagaimana dampak dari sedekah itu, yaitu mensucikan diri, jiwa, dan harta kita,” ujar Aminah.

Misalnya dari sumbernya. Termasuk pemberian orang lain. Untuk itulah perlu disucikan melalui sedekah.

Bagaimana dengan cara memberikan sedekah yang dilakukan secara terang-terangan? Aminah menyebut hal itu baik. ”Biasanya dalam kehidupan sosial, bersedekah secara terang-terangan dianggap pamer dan tidak ikhlas.

The post Bersedekah Secara Terang-terangan Itu Baik appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version