Site icon ROVINDO

Berawal dari Keresahan, Andi Fauzan Sukses dalam Pameran Foto Bertemakan Sampah F8

MAKASSAR, BKM — Fotografer muda asal Makassar, Andi Fauzan sukses menggelar kegiatan pameran fotografi yang bertema #BuangSembarangan selama dua hari pada 26-27 Agustus 2023 di gelaran Makassar International Eight Festival 2023 (F8 Makassar).
#BuangSembarangan merupakan apresiasi karya pada hasil proyek yang berfokus pada isu iklim dan lingkungan.

Dalam pameran #BuangSembarangan ini, Andi Fauzan ingin menyampaikan pesan tentang bagaimana efek domino dari kebiasaan buang sampah sembarangan yang masih menjadi persoalan kebiasaan yang ada di masyarakat.

Di hari pertama, kegiatan ini dimulai dengan pengenalan karya #BuangSembarangan oleh pameris yaitu Andi Fauzan dan berkolaborasi instalasi lukis dengan Nabiel Neezar. Keesokan harinya kegiatan dilanjutkan dengan talkshow “Maccarita: Diskusi Iklim, Pentingnya Kebijakan Publik dan Campaign Media pada Pelestarian Lingkungan” yang dibawakan oleh Ketua Serikat Hijau Indonesia Daerah Sulawesi Selatan dan juga dosen Ilmu Administrasi Publik Unhas, Rizal Pauzi, S.Sos.,M.Si dan Andi Fauzan selaku pameris #BuangSembarangan.

“Tujuan diadakannya pameran #BuangSembarangan ini sebenarnya untuk mengekspresikan keresahan pribadi saya tentang problematika sampah. Bagaimana efek domino dari habit buruk buang sampah sembarangan itu perlu segera dikampanyekan ke masyarakat sehingga terjadi kesadaran yang masif pada semua orang bahwa ini adalah suatu concern yang tidak boleh dipandang sebelah mata, ” jelas Andi Fauzan.

Ketua Serikat Hijau Indonesia Sulsel, Rizal Pauzi S.Sos.,M.Si menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan pameran #BuangSembarangan.
“Pameran ini menunjukkan kepada kita semua bahwa kampanye hijau tidak harus dimulai dengan sesuatu yang besar, melainkan dari kebiasaan kecil yang kita lakukan sehari-hari namun kadang disepelekan. Kepekaan dari hal tersebut saya rasa menjadikan karya-karya yang disajikan sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Sederhana namun pesannya sangat mengena. Kerja bagus untuk Andi Fauzan dan ditunggu karya epik selanjutnya,” tutur Rizal Pauzi.

Kegiatan pameran #BuangSembarangan ditutup dengan diskusi iklim serta penyerahan hadiah bagi masyarakat yang mengikuti dialog tersebut serta penutupan kegiatan F8 Makassar 2023. (rls)

The post Berawal dari Keresahan, Andi Fauzan Sukses dalam Pameran Foto Bertemakan Sampah F8 appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version