Benchmarking GenBI Sulsel Libatkan Lima GenBI Kolaborator dari Berbagai Pulau di Indonesia
axel wiryanto
Monday, 20 November 2023 22:22 pm
dibaca 230 kali

MAKASSAR, BKM — Generasi Baru Indonesia (GenBI) Wilayah Sulawesi Selatan menggelar benchmarking secara virtual bersama lima GenBI kolaborator dari berbagai pulau di Indonesia, Sabtu, 19 November 2023. Masing-masing GenBI Bali, GenBI Maluku, GenBI Semarang, GenBI Purwokerto, dan GenBI Sumatera Selatan.

Acara ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kinerja, program kerja, serta perkembangan GenBI yang ada di setiap wilayah. Kegiatan mengusung tema Energi untuk Negeri Melalui Kebersamaan dan Kolaborasi.

Ketua Panitia Mahyuddin dalam sambutannya, mengatakan kegiatan ini diharapkan menjadi wadah bagi semua GenBI untuk saling bertukar pikiran, terutama dalam hal kepengurusan di lingkup wilayah. Sepanjang rangkaian kegiatan, ketua wilayah dari seluruh GenBI kolaborator juga turut memberikan sambutan dan menyambut kegiatan benchmarking ini dengan sangat terbuka dan memberi support.

Anak Agung Bagus Surya selaku Ketua Wilayah GenBI Bali mengawali sambutan dengan mengatakan bahwa bencmarking ini merupakan kegiatan untuk berbagi informasi, menjadi wadah untuk bertukar wawasan dan pengalaman sebagai momentum dalam menjalankan peran agen of change.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan GenBI Wilayah Purwokerto yang diwakili oleh Anung Galih Sutanto. ”Kegiatan ini menjadi pondasi awal dalam menjalin hubungan GenBi secara nasional yang ke depannya diharapkan akan saling bertukar informasi khususnya untuk kepengurusan,” ujarnya.

Ketua GenBI Wilayah Sumatera Selatan Muhammad Habibi, mengungkapkan bahwa bencmarking ini merupakan momen dalam bertukar pikiran secara nasional melalui enam GenBI yang berkolaborasi di dalamnya. ”Harapannya, pertemuan online ini dapat menjalin hubungan yang baik dengan teman-teman GenBI dari berbagai wilayah,” imbuhnya.

Iqbal Kurniawan selaku Ketua GenBI Wilayah Semarang sangat berterima kasih karena telah menyediakan forum untuk bertukar pengalaman dalam kepengurusan GenBI. ”Sebagai GenBI, harapannya dapat berkomunikasi lebih lanjut terkait kepengurusan,” ucapnya.

Sambutan GenBI kolaborator yang terakhir yaitu Asy’ari Laisouw selaku Ketua Wilayah GenBI Maluku. ”Benchmarking yang diadakan ini dapat membantu memaksimalkan kita sebagai seorang GenBI dalam memperoleh capacity building. Harapan ke depannya,agar dapat terjalin silaturahmi dan dapat berkolaborasi kembali dengan program-program selanjutnya,” imbuhnya.

Ketua Wilayah GenBI Sulsel Ridwan Saputra yang membuka kegiatan ini secara resmi, menjelaskan bahwa benchmarking ini merupakan suatu langkah penting dalam mengukur kapasitas dalam berbagai kepengurusan GenBI di tingkat wilayah melalui berbagai pertukaran pengetahuan, informasi serta pengalaman.

Inti dari acara ini adalah melakukan pemaparan program kerja secara general oleh ketua wilayah masing-masing GenBI kolaborator. Kemudian dilanjutkan dengan sharing session pada breakout room. Setiap room dibagi berdasarkan deputi dari semua GenBI. Pemaparan dilakukan oleh setiap koordinator dan sekretaris deputi.

Setelah sharing session berakhir, dilanjutkan semua peserta kembali ke mainroom dan memaparkan pesan dan kesan terkait kegiatan benchmarking yang juga diwakili oleh masing-masing ketua wilayah GenBI kolaborator.

Benchmarking ini diharapkan menjadi wadah bagi semua GenBI untuk menjalin networking, memperluas lingkup learning organization, serta menjadi bahan evaluasi untuk meningkatan kualitas dan kuantitas pengerus GenBI ke depannya, terkhusus untuk GenBI Wilayah Sulawesi Selatan. (rls)

source