Site icon ROVINDO

Belasan Mantan Walikota, Wawali, Bupati dan Wabup Gagal ke Senayan

MAKASSAR, BKM–Sedikitnya ada belasan mantan wali kota, wakil wali kota (Wawali), mantan bupati dan wakil bupati (Wabup) juga tidak banyak yang bisa berbuat, bahkan gagal dalam meraih suara pada pemilu legislatif (Pileg) yang telah digelar 14 Februari 2024.
Para Caleg yang gagal seperti mantan Bupati Takalar Syamsari Kitta dari Partai Gelora bersama wakilnya H Ahmad Daeng Se’re dari Partai Nasdem.
Keduanya maju untuk memperebutkan kursi yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melalui daerah pemilihan (Dapil) Sulsel I meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Kepulauan Selayar.
Di Dapil Sulsel II yang meliputi Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Parepare, Barru, Pangkep dan Maros ada nama mantan Bupati Maros Hatta Rahman lewat Partai Persatuan Pembangunan (PPP), mantan Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid lewat Golkar, mantan Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi juga dari Golkar.

Dua mantan Wakil Bupati yakni Tomy Satria Yulianto dari Bulukumba serta Abdul Rahman Assagaf dari Pangkep. Keduanya melirik DPR RI melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Dapil yang sama.
Untuk Dapil Sulsel III yang meliputi Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara dan Luwu Raya, terdapat mantan Bupati Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi dari Nasdem, mantan Bupati Luwu Andi Mudzakkar dari Gerindra.
Juga mantan Wali Kota Palopo Judas Amir lewat Nasdem.

Selain itu, ada mantan Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dari Nasdem serta mantan Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan dari PDIP.
Adapun Caleg yang masih memiliki peluang terpilih yakni mantan Wawali Kota Makassar Syamsu Rizal MI dari PKB, mantan Bupati Bulukumba Zainuddin Hazan dari Demokat, serta mantan Bupati Enrekang Muslimin Bando dari PAN.
Sementara Caleg yang sudah hampir aman yakni mantan Wawali Kota Makassar Fatmawati Rusdi dari Nasdem, mantan Bupati Bantaeng Azikin Solthan dari Gerindra, mantan Wali Kota Parepare Taufan Pawe dari Golkar serta mantan Bupati Sidrap Rusdi Masse.
Syamsu Rizal yang dihubungi mengaku optimis bila PKB meraih kursi di Dapil Sulsel I. “Insya Allah kursi PKB aman,”ujar Deng Ical-panggilan akrab Samsu Rizal, Minggu (3/3).
Hanya saja, Deng Ical belum ingin mempublis hasil rekap demi menjaga suara dan basisnya.
Terkait peluang Muslimin Bando yang manakalah suara Caleg PDIP lebih besar belum mendapat respon dari Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi. (jun/rif)

source

Exit mobile version