Bekali Kemampuan Bahasa Sejak SMA, Raih Doktor di Usia 26 Tahun
axel wiryanto
Thursday, 15 December 2022 10:26 am
dibaca 441 kali

MAKASSAR,BKM.COM–Umur bukan halangan untuk meraih gelar akademik tertinggi di perguruan tinggi. Hal itu dibuktikan Hikmayani Iskandar. Di usianya yang masih muda, yakni 26 tahun, ia telah menyandang titel doktor. Hikmayani pun menjadi doktor termuda di Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin.

”PEREMPUAN itu harus maju dan berkembang. Bukan hanya laki-laki. Perempuan harus jadi independen,” ujar Hikmayani ketika menjadi tamu siniar di studio Berita Kota Makassar Lantai Tiga Gedung Graha Pena.
Hikmayani punya alasan sehingga memantapkan hati untuk sekolah tinggi-tinggi. Pertama, karena itu memang cita-citanya. ”Pokoknya, setelah selesai S1 harus lanjut S2 lagi. Kemudian S3,” tuturnya.

Dirinya sempat ke Jepang untuk urusan beasiswa. Melalui PMDSU yang merupakan program akselerasi mahasiswa doktor sarjana unggul dan persiapan doktor muda.

Bagi Hikmayani, bapaknya yang seorang guru, menjadi teladannya. Prinsip sang ayah, bagaimana pun kondisinya anak-anak harus bersekolah. Tidak heran jika di keluarganya, semua saudaranya menjadikan pendidikan nomor satu.
Ketika duduk di bangku kuliah, Hikmayani juga dikenal aktif di sejumlah organisasi kemahasiswaan. Di antaranya UKM Tenis Meja, Forum Studi Ilmiah, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), serta sekretaris di himpunan.

”Sebagai seorang mahasiswa sebaiknya aktif berorganisasi. Karena apa yang kita dapat di organisasi itu tidak kita peroleh di bangku perkuliahan. Kita perlu organisasi juga sebagai tempat belajar,” terangnya.
Diakui Hikmayani, organisasi penting. Namun, ia mengingatkan untuk tidak mengabaikan urusan akademik. Keduanya harus berjalan beriringan.

The post Bekali Kemampuan Bahasa Sejak SMA, Raih Doktor di Usia 26 Tahun appeared first on Berita Kota Makassar.

source