Bawaslu Sulsel Rakor Penatakelolaan Laporan Keuangan
axel wiryanto
Saturday, 18 November 2023 11:37 am
dibaca 150 kali

BULUKUMBA, BKM–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi selatan telah mengumpulkan seluruh jajarannya dari 24 Kabupaten/kota dengan memantapkan konsolidasi penatakelolaan keuangan melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Penatakelolaan Laporan Keuangan Satuan Kerja Baru, di lingkup Bawaslu Sulsel bertempat di SAME Hotel dan Resort Bira Beach, Bulukumba, Rabu (15/11).
Kegiatan ini untuk penyeragaman pemahaman tentang pengelolaan keuangan sebagai salah satu langkah persiapan hadirnya satuan kerja (Satker) baru di lingkungan Bawaslu Provinsi Sulsel.

Dari 24 Bawaslu Kab/Kota yang ada di Sulsel, 4 daerah telah menjadi Satker dan pada 2024 mendatang akan disusul 9 Bawaslu daerah.
Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli menyampaikan bahwa pentingnya internalisasi nilai-nilai transparansi, akuntabilitas dan kredibilitas bagi pengawas pemilu dalam menjalankan tugas dan wewenang, termasuk dalam hal pengelolaan keuangan.
“Transparansi, akuntabilitas dan kredibilitas harus terinternalisasi dengan baik pada seluruh jajaran pengawas pemilu,”ujar Mardiana Rusli.
Hal ini diharapkan untuk mencegah terjadinya pencampuran wewenang.

“Sehingga profesionalisme dalam menjalankan tugas dapat tercapai,”jelasnya.
Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Sulsel, H. Samsuar Saleh berpesan agar penggunaan dan pengelolaan keuangan harus sesuai dengan prosedur yang telah diatur oleh negara.
“Negara telah menyediakan anggaran untuk lembaga kita, sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai aparat untuk menggunakan dan mengelolanya dengan penuh rasa tanggung jawab, untuk memperkuat tugas pengawasan pemilu yang kita emban,” ungkapnya.
Selain Mardiana Rusli dan Samsuar Saleh, juga hadir Saiful Jihad, Alamsyah, Dr Abdul Malik, kepala sekretariat dan pejabat struktural. (jun/rif)

source