Site icon ROVINDO

Bawaslu Soppeng Gelar Dialog Publik

SOPPENG, BKM–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Soppeng menggelar dialog publik di Kantor Bawaslu Jl Neneurang Kelurahan Botto Kecamatan Lalabata, Rabu (27/7).
Kegiatan dengan tema “Komitmen bersama Bawaslu dengan organisasi media serta organisasi kemahasiswaan menekan politik uang dan netralitas ASN pada pemilu dan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2024.

Dalam kegiatan tersebut hadir Dua organisasi kemahasiswaan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) serta lima organisasi media yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Soppeng (IJS), Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO), Aliansi Jurnalis Online Indonesia (AJOI), Sarikat Media Saiber Indonesia (SMSI) dan Jurnalis Online Indonesia (JOIN).

Dialog ini dirangkaikan dengan agenda penandatanganan MoU antara Bawaslu Soppeng dengan organisasi media yang ada di Soppeng.
Sebelumnya Bawaslu telah berkoordinasi dengan enam organisasi media yang ada di Soppeng. Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Syaiful Jihad menyampaikan bahwa demokrasi diibaratkan sebuah bangunan. Semua eleman memiliki peranan pada bangunan demokrasi. “Sekecil apa pun peranan pada bangunan akan memiliki fungsi mengembangkan demokrasi”,ujar Saiful Jihad
Ketua Bawaslu Soppeng Winardi menambahkan bila dengan adanya MoU ini adalah salah satu bagian dari pengembangan partisipatif masyarakat yang digalangkan Bawaslu Soppeng dalam rangka pencegahan potensi pelanggaran.

Selain itu, MoU ini juga merupakan bentuk sinergitas dan kerjasama Bawaslu bersama media se Kabupaten Soppeng dalam hal keterbukaan informasi publik dan pengawasan partisipatif, dengan memberikan sosialisasi melalui sarana media masing-masing kepada masyarakat.
Selain itu juga dirinya mengungkap, keteribatan mahasiswa juga mengambil tempat dalam hal ini. Diharapkan dapat berpartisipasi dan memberikan kontribusi dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan ini, baik dan sisi pencegahan juga dani sisi pengawasan partisipatif.
“Peran berbagai elemen dalam mengawal dan membangun sebuah demokrasi sangatiah penting”uajar Ketua Bawaslu. (sar/rif)

The post Bawaslu Soppeng Gelar Dialog Publik appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version