Bapenda Mulai Pasang CCTV di Restoran dan Rumah Makan
axel wiryanto
Sunday, 03 July 2022 18:49 pm
dibaca 267 kali

MAKASSAR, BKM — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar memasang kamera pengawas alias CCTV di sejumlah restoran dan rumah makan. Tujuannya, untuk mengawasi potensi pendapatan di suatu restoran atau rumah makan, sehingga Bapenda bisa melakukan estimasi berapa potensi pajaknya.
Kepala Bidang Pajak dan Retribusi Daerah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar Hariman menerangkan, untuk tahap awal pihaknya memasang empat CCTV. Masing-masing di Mie Anto Jalan Sumba, Pallubasa Jalan Serigala, Sun City Lasinrang, dan Mega Rasa di Jalan Landak.

Pemasangan CCTV itu dilakukan sejak tiga hari lalu. Selanjutnya, juga akan dipasang di restoran dan rumah makan lainnya yang ada di Makassar.
Hariman mengatakan, sebelum memasang CCTV, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan pemilik restoran dan rumah makan. “Jadi kita berencana melakukan pemasangan CCTV setiap hari. Namun kita evaluasi, pelajari, dan awasi dulu yang ada saat ini,” ungkap Hariman saat melakukan pemantauan di Pallubasa Serigala, Jumat (1/7).

Minimal dengan CCTV, Bapenda punya data pembanding terkait pajak restoran yang disetor selama ini. Kendati sudah ada pemasangan CCTV, lanjutnya, Bapenda tetap melakukan uji petik atau pengawasan langsung ke restoran-restoran di seluruh Makassar.
Untuk tahun ini, Bapenda Makassar menargetkan penerimaan dari pajak restoran sebesar Rp230 miliar. Ada kenaikan yang cukup drastis dibanding tahun lalu yang hanya sebesar Rp140 miliar. “Dengan berbagai inovasi yang ada, kami optimistis bisa raih target yang ditetapkan,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Firman Hamid Pagarra, menjelaskan pemasangan CCTV di restoran-restoran sebagai langkah awal instruksi wali kota Makassar yang ingin menekan kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD).
“Kami dari Bapenda Makassar sudah berkoordinasi dengan sejumlah pengelola rumah makan dan restoran. karena itu kami bersepakat untuk memasangkan CCTV,” jelas Firman.

The post Bapenda Mulai Pasang CCTV di Restoran dan Rumah Makan appeared first on Berita Kota Makassar.

source