Babinsa dan Warga Beruttallasa Cor Jalan Tani
axel wiryanto
Monday, 09 October 2023 23:07 pm
dibaca 123 kali

GOWA, BKM — Puluhan warga Dusun Bina Arung, Desa Beruttallasa, Kecamatan Biringbulu, saling kolaborasi bergotong royong mengecor jalan tani.
Pengecoran lantai jalan sepanjang 100 meter ini dilakukan bersama masyarakat Bina Arung dan Babinsa Beruttallasa Koramil 1409-07 Biringbulu, Kopka Samakka.

Pengecoran yang digiatkan bersama puluhan warga dusun ini dilakukan Sabtu pagi (7/10) pagi hingga jelang siang. Pengecoran ini pun tidak hanya dilakukan sehari.

Tapi sampai sepanjang 100 meter jalan pengerasan tertutupi lantai semen dicampur chipping tersebut.
Gotong royong ini dihadiri pula Ketua RT, H Samad serta Pomo selaku Ketua RT setempat. Gotong royong yang dilakukan ini menghadirkan suasana keakraban dan kekeluargaan antara warga dengan Babinsa yang selama ini menjadi pengayom dalam pembinaan kemasyarakatan di Beruttallasa.
”Gotong royong adalah budaya kebersamaan yang selalu dipelihara di desa ini. Alhamdulillah, berkat kebersamaan itu, jalan tani yang selama ini fisiknya berupa lantai tanah dan batuan (pengerasan) dalam waktu dekat akan mulus meski panjangnya maaih sangat pendek yakni baru 100 meter. Semoga dengan kegotong royongan ini, fisik jalan tani ini akan bisa dicor sepanjang-panjangnya mulai dari jalan raya desa hingga ke bibir lahan pertanian warga,” kata Babinsa, Kopka Samakka.

Tujuan dari kegiatan ini, jelas Kopka Samakka, untuk mempercepat proses pembangunan infrastruktur jalan bagi para petani, sehingga mempermudah akses jalan menuju perkebunan dan sawah untuk menanam maupun membawa hasil panen.
”Yang terpenting dari kegiatan ini selain dari manfaat untuk pertanian, juga untuk menghidupkan kembali semangat budaya gotong royong serta meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat desa Berutallasa. Pengecoran jalan ini merupakan pembinaan teritorial yang diharapkan dapat meningkatkan silaturahmi serta kerja sama antara Babinsa dan warga binaan,” papar Kopka Samakka.
Sementara itu Ketua RT Dusun Bina Arung Pomo, mengatakan, jalan tani ini merupakan sarana yang sangat berperan penting bagi warga untuk kesehariannya beraktivitas di kebun, ladang, dan sawah.
”Semoga setelah selesai pengecoran jalan ini dapat dimanfaatkan seluruh warga dengan sebaik-baiknya dan bersama-sama merawatnya juga,” kata Pomo.

(sar)

The post Babinsa dan Warga Beruttallasa Cor Jalan Tani appeared first on Berita Kota Makassar.

source