Azhar Dekati Tokoh Sulsel
axel wiryanto
Wednesday, 14 August 2024 20:39 pm
dibaca 63 kali

MAKASSAR, BKM — Bakal calon gubernur dan bakal cawagub Mohammad Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad yang akan maju pada kontestasi pemilihan gubernur (pilgub) Sulsel kini intens bergerak, mendekati dan menemui sejumlah tokoh Sulsel guna menyampaikan niatnya bertarung pada pilgub 27 November mendatang.

Informasi yang diperoleh BKM, pasangan Danny Pomanto-Azhar Arsyad mengagendakan untuk menemui tokoh, pengusaha, birokrat, hingga aktivis. Termasuk para kandidat gubernur dan wakil gubernur Sulsel, seperti Ilham Arief Sirajuddin, Adnan Purichta Ichsan, Indah Putri Indriani, Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, hingga Annar Salahuddin Sampetoding.
Pada Selasa (13/8), bakal calon wakil Gubernur Sulsel Azhar Arsyad telah menemui Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 HM Jusuf Kalla. Pertemuan berlangsung di kediaman JK di Jakarta.
Silaturahmi yang dilakukan Azhar Arsyad yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulsel itu ditemani Wakil Ketua DPW Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) yang juga caleg DPR RI terpilih Syamsu Rizal MI alias Deng Ical.

Azhar yang akan maju di pilgub bersama Danny Pomanto yang didukung PKB yang mengontrol delapan kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga delapan kursi, serta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang punya modal enam kursi.
Dalam silaturahmi itu, Azhar Arsyad yang juga merupakan tokoh ormas Nahdlatul Ulama (NU) meminta restu dan doa dari JK yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI).
Menurut Azhar yang merupakan Ketua Fraksi PKB DPRD Sulsel, kali ini dirinya mengunjungi JK yang juga tokoh asal Sulawesi Selatan. “Iya, pertemuan di Jakarta. Kami silaturahmi biasa,” ujar Azhar Arsyad.

Sementara Deng Ical yang pernah tercatat sebagai wawali Makassar, menyebutkan bahwa pertemuan berlangsung sekitar satu jam. Dimulai pukul 11.00 WIB dan berakhir pukul 12.15 WIB.
“Pembicaraan inti hanya diketahui oleh Pak Ketua (Azhar Arsyad). Intinya, pertemuan dimulai sekitar jam 11.00 WIB, dan silaturahmi dengan Pak JK berlangsung kurang lebih satu jam,” tutur Deng Ical yang juga Ketua PMI Kota Makassar ini.
Sebelumnya, pasangan Mohammad Ramdhan Pomanto ini juga telah melakukan silaturahmi dengan pendiri Bosowa Grup HM Aksa Mahmud, serta Ketua MUI Sulsel.
Pengamat politik dari PT Nurani Strategic Dr Nurmal Idrus, menilai bahwa Azhar Arsyad punya daya tarik elektoral.

Karena dia memimpin PKB yang tentu punya struktur yang lengkap di Sulawesi Selatan.

Menurut Nurmal, elektoral seorang ketua parpol seperti Azhar Arsyad ini sangat potensial peluangnya untuk dimaksimalkan lagi menjelang pilgub Sulsel. “Selain memiliki latar belakang Bugis, elektoralnya ini bagus kalau dimaksimalkan. Sebab memiliki basis suara yang tidak dimiliki Danny Pomanto seperti dari kalangan NU.

Ya, karena PKB tidak lepas dari NU,” ujar Nurmal yang pernah tercatat sebagai Ketua KPU Makassar ini. (rif)

source